Jangan Abaikan 9 Tanda Ini, bisa Jadi Gejala Awal Serangan Jantung

SULTRAKINI.COM: Penyakit jantung sering disebut sebagai silent killer karena serangan jantung terjadi kapan pun tanpa menunjukkan sejumlah gejala ataupun tanda-tandanya.

Serangan jantung memang terjadi secara tiba-tiba. Meski begitu, serangan jantung bagi sebagian kasu,s umumnya diawali dengan sejumlah tanda, namun tanda tersebut sering diabaikan karena gejalanya yang tidak terjadi di area dada dan dianggap mirip dengan penyakit lain.

Juru bicara American Heart Association Vincent Bufalino, mengatakan gejala awal serangan jantung memang terasa sama dengan tanda penyakit lain sehingga terabaikan.

Seperti apa sih gejala serangan jantung yang dianggap sebagai penyakit biasa itu?

1. Sesak napas
Sesak napas atau rasa nyeri yang terasa di sekitar dada merupakan gejala awal yang umum dirasakan dan merupakan gejala yang bisa jadi tanda serangan jantung. Gejala ini dapat terjadi beberapa menit dan akan hilang dengan sendirinya. Gejala yang terasa hanya beberapa menit dan hilang dengan sendirinya inilah yang membuatnya terabaikan, serta sering dianggap sebagai gejala maag akut dan sesak napas biasa.

Namun siapa sangka, jika gejala yang kita anggap biasa itu merupakan gejala yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Sehingga penting bagi kita untuk memeriksakannya ke dokter terlebih lagi jika sesak napas tersebut tidak hilang setelah beberapa menit.

2. Masalah Pencernaan
Tanda serangan jantung lain yang sering dianggap atau disandingkan dengan penyakit maag adalah rasa mual, mulas, dan nyeri perut. Bufalino menambahkan, jika muntah-muntah yang disertai dengan nyeri dada bisa menjadi tanda awal serangan jantung.

Tanda ini diketahui sering dialami oleh pria dibandingkan wanita. Sehingga tidak boleh diabaikan, terutama jika Anda mengalami kolesterol tinggi serta hipertensi.

3. Nyeri lengan
Nyeri pada lengan juga merupakan salah satu tanda penyakit jantung yang biasanya diikuti dengan kesemutan tanpa adanya penyebab yang jelas. Bila rasa nyeri tersebut sering terjadi, segera periksakan ke dokter karena bisa jadi itu tanda Anda terkena penyakit jantung.

4. Terasa ingin pingsan
Rasa pusing dan kehilangan keseimbangan seperti ingin pingsan dapat terjadi karena banyak hal, seperti kurang makan atau terlalu cepat berubah posisi dari duduk ke berdiri.

Fortune

Namun, jika hal ini terjadi secara tiba-tiba saat Anda sedang duduk santai, ini dapat menjadi tanda awal terkena serangan jantung. Kenapa bisa? Karena turunnya tekanan darah yang disebabkan jantung tidak dapat memompa darah, seperti diungkapkan oleh Bufalino.

“Ini bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak mampu memompa darah seperti seharusnya” ujarnya.

5. Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan biasanya terjadi karena infeksi akibat flu atau sinus. Namun, jika sakitnya terasa hingga ke bagian dada, itu bisa menjadi awal serangan jantung.

6. Mendengkur tidak wajar
Seseorang kerap mendengkur di kala dirinya mengalami kelelahan atau terjadi sumbatan pada saluran napas dan hal ini dianggap wajar.

Namun dengkuran terdengar tidak wajar, itu bisa menjadi awal serangan jantung. Suara dengkuran yang tidak wajar tersebut adalah dengkuran yang bunyinya keras dan megap-megap lalu tersedak. Saat itu terjadi, paru-paru akan berhenti bernafas dan memberikan tekanan ekstra pada jantung.

Sehingga jika Anda mengalami hal seperti di atas sebaiknya Anda tidak menunda untuk memeriksakannya ke dokter. Terapi tidur juga mungkin diperlukan untuk mengetahui apakah ada risiko penyakit jantung.

7. Keringat Dingin
Keringat dingin sering terjadi dan kerap mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak tanpa adanya alasan yang jelas. Keringat yang terjadi tanpa adanya demam dan terjadi secara mendadak bisa menjadi tanda awal penyakit jantung yang perlu diawasi. Perlu bagi kita menghindari aktivitas tertentu, misalnya menyetir atau naik turun tangga.

8. Batuk yang tak kunjung sembuh
Sebenarnya batuk bukanlah tanda awal dari masalah jantung. Namun, hal ini bisa terjadi jika Anda termasuk salah seorang yang berisiko terkena penyakit jantung, maka batuk yang tidak juga reda bisa menjadi tanda terjadinya serangan jantung.

Batuk ini juga diklasifikasikan berdasarkan warna lendir. Dimana jika batuk dalam kasus ini disertai dengan lendir putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Hal tersebut terjadi karena jantung tidak dapat memenuhi ritme tubuh yang menyebabkan bocornya darah dan kembali ke paru-paru.

9. Detak jantung yang tidak teratur
Jantung yang berdebar ketika gugup adalah hal wajar. Namun jika jantung sering berdetak lebih cepat dalam beberapa detik dan kemudian kembali normal, kondisi ini perlu mendapatkan perhatian.

Sumber: CNN Indonesia
Laporan: Nurul Sadrina Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.