Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Jangan Segan Laporkan Pelanggaran Pemilu ke Bawaslu

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari memintah dukungan partisipasi masyarakat untuk mencegah sejak dini pelanggaran pemilu 2019 baik pemilihan presiden dan wakil presiden maupun legislatif.

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin, menegaskan jika ada temuan dugaan pelanggaran pemilu baik itu yang dilakukan caleg, ASN maupun pihak lainya jangan segan-segan untuk melapor agar ditindak lanjuti sesuai peraturan perundang-undangan. Namun untuk mendukung temuan tersebut pihaknya akan melakukan penelitian awal terkait unsur materi yang dilaporkan, yakni syarat formil seperti pihak yang melaporkan, waktu pelaporan, keabsahan laporan dan tanda tangan dengan KTP.

Selain itu, syarat materi berkaitan identintas pelapor, nama dan alamat pelapor, peristiwa dan uraian kejadian, waktu dan tempat kejadian, waktu dan saksi-saksi, dan barang bukti yang diperoleh.

“Jika dua alat bukti terpenuhi maka kami akan menindak lanjutinya secara tegas,” kata Sahinuddin dalam pelatihan partisipasi pengawasan Pemilu 2019 di salah satu hotel di Kendari, Minggu (9/12/2018).

Dijelaskannya, temuan pelanggaran pemilu terlebih dikaji lebih dulu, jika kasusnya berkaitan dengan pelanggaran kode etik. Proses penyelesaian melalui internal lembaga Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan kalau kasusnya sudah mengarah indikasi ranah pidana maka penyelesaian ke Penegakan Hukum Terpadu Pemilihan Umum (Gakkumdu).

Ia menyakini, dipundak partisipasi masyarakat demokrasi berjalan aman, lancar dan sukses. Dan juga pengawasan dan penegakkan hukum pemilu akan tercipta secara tegas dan adil.

“Kami menyadari bawaslu memiliki kekurangan personil untuk melakukan pengawasan secara ketat tahapan penyelengaraan pemilu baik ditingkat kecamatan dan kelurahan. Olehnya itu partisipasi masyarakat yang bisa mendukung jalanya demokrasi yang damai aman tanpa ada kecurangan yang terjadi di lapangan.

Laporan: La Ismeid
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.