Jelang HPS, Satpol PP Tertibkan Lapak Dagang UMKM Sekitaran MTQ Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menjelang peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Provinsi Sulawesi Tenggara, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kendari giat patroli membersihkan dan menata kawasan kumuh, termasuk di kawasan lapak UMKM sekitaran MTQ Kendari.

Kepala Satpol PP Kota Kendari, Amir Hasan, mengatakan menjelang HPS dan penilaian adipura, pihaknya terus melakukan patroli sebagai seperti biasa. Namun kali ini yang menjadi sasaran adalah sekitar tugu persatuan karena di loaksi itu menjadi pusat pelaksanaan Pameran Pangan.

“Sudah tiap hari menjadi tugas kita melakukan penertiban, hari ini kita tertibkan di wilayah MTQ, ini juga kaitannya dengan HPS supaya tidak kelihatan kumuh,” terang Amir Hasan kepada Sultrakini.com ditemui di lokasi penertiban, Jumat (25/10/2019).

Penertiban lapak dagang di kawasan MTQ Kendari, Jumat (25/10/2019). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Penertiban lapak dagang di kawasan MTQ Kendari, Jumat (25/10/2019). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Mengenai kawasan lapak UMKM, kata dia, pihaknya bersama pedagang sudah pernah melakukan pertemuan dua tahun berlalu dan menyepakati beberapa poin penting agar mereka tetap berjualan di kawasan tersebut dengan catatan lapak atau warung tidak dijadikan sebagai tempat tinggal, bersih, tertata tapi, dan didesain lebih baik atau menarik.

“Meskipun kawasan MTQ ini masuk tanggung jawab Pemprov, tapi ini masih Kota Kendari, kita juga memiliki tanggung jawab menjaga kebersihan dan kerapiannya,” jelas Amir.

Mantan camat Baruga itu menerangkan, Satpol PP Kendari sudah menyiapkan 320 personel menyambut HPS yang bertugas di sejumlah tiitk termasuk membantu pengamanan dari pihak kepolisian.

“Kita juga siapkan personel untuk membantu pengamanan, meskipun kalau untuk tamu-tamu dari luar itu di-back up langsung pihak kepolisian dan TNI, tapi kita juga tetap memantau utamanya di beberapa kantor dan pusat kegiatan Pemkot,” ucapnya. (Adv)

(Baca juga: Pelaksanaan HPS ke-39 di Sultra Semakin Matang, Banyak Acara Bertemakan Pangan)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.