Pilkada koltim

Jelang Idul Adha, Pengawasan Hewan Kurban di Kendari Ditingkatkan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menjelang Idul Adha 1440 Hijriah, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari meningkatkan pengawasan hewan kurban melalui pemeriksaan posmortem atau pemeriksaan fisik dan antemortem ata pemeriksaan dalam.

Pemeriksaan hewan kurban dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari mulai H-7 Idul Adha hingga pelaksanaan hari raya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, Siti Ganef, menerangkan pemeriksaan hewan kurban akan melibatkan petugas kesehatan, karantina hewan, kepolisian, dan tenaga penyuluh di instansi. Petugas nantinya mendatangi tempat-tempat pemeliharaan hewan ternak yang sudah ditentukan.

“Tenaga kesehatan yang coba dilibatkan itu tiga orang yang ada dinas. Kita juga akan dibantu dari Dinas Pertanian dan Peternakan provinsi karena biasanya pada saat hari H (Idul Adha) itu permintaan untuk pemeriksaan daging hewan-banyak,” jelas Ganef, Rabu (30/7/2019).

Dia mengimbau agar masyarakat memperhatikan fisik hewan sebelum membelinya sebagai hewan kurban. Disarankan, hewan yang dipilih dalam kondisi sehat, misalnya fisiknya tidak cacat.

Pilkada

“Sekarang itu kadang hewan ternak tidak hanya makan rumput, tapi di tong sampah makan. Kalau ukuran berat ringan itu tergantung ukuran kemampuan finansialnya,” tambahnya.

(Baca: Idul Adha Sebentar Lagi, Ini Tips Memilih Hewan Kurban)

Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari juga memastikan kesiapan setiap rumah potong hewan (RPH) menyambut Idul Adha.

“Untuk RPH alhamdulillah tidak ada kendala,” ujarnya. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.