SULTRAKINI.COM:KENDARI- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menjamin persediaan stok sembilan bahan pokok (sembako) menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2018 mendatang tetap tersedia.

Jelang Natal danTahun Baru Harga Komoditi Masih Stabil
Jelang Natal dan Tahun Baru harga komoditi masih normal. (Foto: Nova Aliza/SULTRAKINI.COM)

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, Muhammad Ali, mengatakan pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap persediaan sembako disejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Kendari.

"Seperti biasa setiap hari kita melakukan pemeriksaan kenaikan bahan pokok dan beberapa komoditi yang ada di beberapa pasar tradisional, apalagi ini untuk menjelang Natal dan tahun baru kita memantau ketersediaan sembako,"ungkapnya saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (08/11/2017).

Ia juga mengatakan pihak Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian memastikan kondisi pangan jelang Hari Raya Natal dan tahun baru 2018 aman. Produksi pangan disebut dalam keadaan baik.

Hal tersebut dilihat melalui data produksi dan perkiraan produksi yang dimiliki oleh pihak kementerian sebagaimana yang telah disampaikan melalui rapat koordinasi yang dilakukan disalah satu hotel yang ada dikendari pada hari Selasa 07 November lalu.

Untuk itu pihaknya akan selalu berusaha mengendalikan harga dengan memantau stok dan pasokan pangan terpenuhi. Jika salah satu aspek tersebut terganggu, otomatis harga pangan di pasaran akan melonjak tinggi.

"Produksi oke, kalau pasokan tidak oke ya masalah," ungkap dia.

Sementara itu, ia juga menjelaskan, jika terjadi fluktuasi harga beberapa komoditas di pasar itu bukan karena kelangkaan stok.Namun akibat ulah pedagang yang berspekulasi.

"Kami juga melakukan pengawasan terhadap pedagang yang melakukan spekulasi menaikkan harga," tandasnya.


Laporan:Nova aliza

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations