Iklan Clarion

Jelang Pemilu, Disdukcapil Kendari Lakukan Perekaman KTP-el di Lapas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari jemput bola untuk melakukan perekaman KTP-el di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari, Kamis (24/1/2019).

Proses perekaman KTP-el itu diikuti oleh warga binaan lapas wanita dan anak yang berjumlah 86. Sistem jemput bola perekaman ini dilakukan menyusul masih banyaknya penghuni lapas yang tidak terdaftar sebagai pemilih.

“Kami mendapat masukan dari KPU, bahwa di Sultra masih banyak yang belum terdaftar sebagai pemilih, salah satunya di lapas. Hal itu disebabkan karena sebagian besar mereka belum memiliki KTP. Olehnya itu, perekaman KTP-el ini dilakukan langsung dengan mendatangi Lapas Kelas II A Kendari,” kata Kakanwil Kemenkumham Sultra, Sofyan.

Sofyan menambahkan, warga binaan Lapas masih memiliki hak untuk menyalurkan suaranya pada Pemilu 2019. Olehnya itu, Kemenkumham bekerjasama dengan Disdukcapil melakukan perekaman KTP-el.

“Perekaman ini dilakukan guna kepentingan pemutakhiran data kependudukan bagi narapidana dan tahanan. Mengingat bagi tahanan ataupun narapidana yang tidak dicabut hak politiknya oleh putusan hakim, masih berhak untuk menyalurkan hak suaranya,” jelasnya.

Laporan: Wayan Sukanta
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.