Jelang Pilkada, KPUD dan Kejari Konawe Jalin Kerja Sama

  • Bagikan
Komisioner KPUD Konawe Sarmada saat berpose bersama Kepala Kejari Konawe, Saiful Bahri Seregar. (foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe menyambangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe, Rabu (26/7/2017). Kunjungan tersebut dalam rangka menjalin kerja sama menjelang Pilkada serentak 2018 mendatang.

Ketua KPUD Konawe, Sarmada menuturkan pertemuan tersebut ialah dalam rangka koordinasi terkait MoU yang akan disepakti kedua belah pihak. Ia menilai, pihak Kejari akan membantu dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaa Pilkada Konawe yang tahapannya akan segera dimulai.

“Kedatangan kami dalam rangka komunikasi terkait kerja sama dengan pihak Kejari. Nanti akan ada MoU KPUD dengan Kejari terkait pengawasan Pilkada,” jelas Sarmada.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Kejari Konawe Konawe, Saiful Bahri Siregar. Dia mengungkapkan, jika silaturahmi tersebut pertama kali antara KPUD dan Kejari. Pihaknya diminta oleh KPUD untuk pengawasan selama Pilkada, termasuk Pilpres dan Pileg.

“Kerjasamanya nanti berbentuk pendampingan dan pemberian pendapat hukum. Jadi semua permasalahan di bidang hukum yang ada di KPU, kami akan turut memberikan pendapat di sana,” terang Saiful.

Terkait bagaimana teknis pendampingan, Saiful mengaku semuanya nanti akan diatur dalam MoU. Di nota kesepahaman itulah akan dijelaskan apa saja yang menjadi kesepakatan kedua belah pihak dalam kerja sama tersebut.

“Kerja sama yang seperti ini memang dilakukan KPU seluruh Indonesia yang melibatkan KPU, Kejaksaan dan Polri,” ucap Saiful.

Pria berkacamata itu menambahkan, jika pengawasan yang akan dilakukan tidak hanya pada anggarannya saja tetapi secara menyeluruh.

“Kejaksaan memang memiliki fungsi monitoring di semua aspek. Kerja sama inilah yang akan dibangun agar Pilkada lancar dan tidak ada kendala,” kata Saiful.

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan