Jelang Pilkades Kapolres Konsel Imbau Warga Jaga Kamtibmas

  • Bagikan
Kapolres Kabupaten Konawe Selatan, AKBP. Dedy Adrianto (tengah) didampingi Camat Laonti dan salah satu petugas Polres mengarahkan diacara deklarsi damai calon kepala desa di Kecamatan Laonti (Foto: Cr1/SULTRAKINI.COM) 
Kapolres Kabupaten Konawe Selatan, AKBP. Dedy Adrianto (tengah) didampingi Camat Laonti dan salah satu petugas Polres mengarahkan diacara deklarsi damai calon kepala desa di Kecamatan Laonti (Foto: Cr1/SULTRAKINI.COM) 

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan, yakni Desa Kondono, Ulusawa dan Sangi-sangi, pada akhir bulan Desember 2019 mendatang para calon kepala desa ramai-ramai menyatakan deklarasi damai, Jum’at (8/11/2019)

Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Konawe Selatan, AKBP. Dedy Adrianto, yang menghadiri deklarasi damai calon kepala desa di Kecamatan Laonti, menginginkan sekaligus mengajak masyarakat maupun kandidat calon kepala desa melalui momen deklarasi ini, agar tetap menjaga situasi kambtimbas yang aman, damai dan sejuk.

“Kegiatan ini memang kita arahkan semua kecamatan yang akan mengikuti Pilkades di Konsel untuk melaksanakan deklarasi damai, dengan tujuan untuk mencegah konflik yang di mungkinankan bisa terjadi,” ungkap Dedy Adrianto mengarahkan, Jum’at (8/11/2019).

Menurut Dedy Adrianto, pemilihan kepala desa kali merupakan pesta demokrasi yang rawan terjadi konflik, pasalnya kepanitian, calon kepala desa hingga tim suksesnya benar-benar melibatkan masyarakat yang berada di tempat tersebut.

“Jagan sampai gara-gara Pilkades ini bisa menjadi perpecahan, terutama untuk calon, sehingga kita harapkan setiap calon untuk bisa bersaing dengan secara sehat, dan panitia laksanakan jalankan aturan sesuai tugas yang diberi, agar  Pilkades kali ini dapat berjalan dengan baik sehingga tidak menimbulkan perpicahan,” tegasnya.

Olehnya itu, Dedy berharap, untuk calon kepala desa nanti ketika tidak terpilih harus bisa menerima kekalahannya agar tidak menimbulkan perpecahan antar warga.

” Jagan karena Pilkades, hubungan persaudaraan terputus dan apabila ada calon kepala desa yang tidak terpilih harus legowo, olehnya itu diharapkan juga para tokoh yang berada di tiap desa bisa menjadi  pendingin suasana,” ucapnya.

Begitu juga dengan Camat Laonti, Aswar, mengaku apa yang disampaikan oleh Kapolres Konsel, kepada masyarakat dan calon kepala desa, agar menjaga situasi Kamtibmas yang aman di wilayah hukum Polsek Laonti, supaya betul-betul menjadi perhatian bersama dan di implementasikan untuk ketertiban dilingkungan masyarakat itu sendiri.

“Ucapan terimakasih kepada Kapolres Konsel atas kehadirannya untuk menyaksikan dan memberikan dukungan agar kedepannya kita mengedepankan sikap dan tingkah laku kita agar menjaga situasi kambtimbas yang kondusif  di wilayah hukum Laonti,” ucapnya.

Deklarasi damai ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding MoU kepada tiap-tiap calon kepala desa siap menang dan siap kalah, yang turut di hadiri dan disaksikan oleh Camat Laonti, Pejabat Polres Konsel, Kepala Desa Se-Kecamatan Laonti dan para tokoh masyarakat.

 

Laporan: Cr1

Editor: Hasrul Tamrin

 

  • Bagikan