Iklan Clarion

Jelang Ramadan, Harga Sembako Mulai Naik

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kurang dari dua pekan memasuki bulan Ramadan, harga kebutuhan pokok mulai naik di berbagai pasar di Kota Kendari.

Menurut para pedagang, telur ayam ras dan bawang putih sudah seminggu mulai mengalami kenaikkan harga. Padahal pasokan kedua bahan pokok tersebut relatuf stabil di tingkat pengecer.

Pantauan SultraKini.Com di eks Pasar Panjang, Pasar Baruga, dan Pasar Anduonohu, Rabu (17/5/2017), harga kedua barang tersebut bervariasi, tetapi cenderung mengalami kenaikan.

Telur ayam ras yang sebelumnya di kisaran 35-36 ribu rupiah setiap rak kini menjadi 40-45 ribu rupiah setiap rak. Sementara bawang putih yang awalnya 40 ribu rupiah setiap kilogram, saat ini mencapai 70 ribu kilogram. 

Pedagang mengaku kenaikan harga memang biasa terjadi menjelang bulan puasa. Hal ini disebabkan tingginya permintaan masyarakat di awal Ramadhan. 

“Biasa memang naik kalau mau puasa. Makanya biasa orang belanja memang banyak-banyak sebelum puasa.  Mungkin pengaruh itu,” jelas Anwar yang berjualan di Pasar Baruga.

Hal yang sama juga diungkapkan Muis, pedagang di eks Pasar Panjang yang mengatakan kenaikan harga biasanya dipicu momen tertentu. “Biasanya kalau sudah ada yang naik begini, tidak lama naik semua lagi itu sembako. Mau masuk puasa masalahnya,” katanya. 

Sementara itu, salah seorang pembeli di Pasar Baruga mengaku mulai merasakan kenaikan kedua barang tersebut. Ia berharap naiknya harga ini tidak terlalu memberatkan memberatkan bagi pembeli. “Pengaruh mau puasa, jadi mulai naik harga-harga. Mudah-mudahan tidak tinggi naiknya,” ujarnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.