Iklan Clarion

Jelang Ramadan, Sejumlah Harga Sembako Merangkak Naik

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kurang dari sebulan jelang Ramadan 1440 Hijriah, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Mandonga dan Pasar Korem Kota kendari merangkak naik. Misalnya, harga bawang merah dari Rp 25 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

“Harga sudah naik, ini saja sudah naik (bawang merah dan bawang putih) dari dua minggu lalu,” ujar Seorang Pedangang Pasar Mandonga, Sima, Kamis (4/4/2019).

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Rata-rata kenaikkan harga terjadi pada bawang merah, bawang putih, dan cabai. Informasi dihimpun Sultrakini.com (4/4/2019), harga bawang merah dari Rp 25 per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram; bawang putih dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram; cabai Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Sementara harga beras, minyak goreng, terigu, gula, dan sayur-sayuran terpantau stabil di dua pasar tersebut. Sedangkan harga telur ayam umumnya mulai naik ketika mendekati Ramadan atau selama ramadan.

“Sampai saat ini belum ada yang naik (beras, minyak goreng, terigu, gula, dan sayur-sayuran), biasanya satu minggu menjelang puasa-baru naik, saat ini harga masih normal, yang naik cuman dari harga distributor tapi enceranya masih normal,” tambah pedangang Pasar Mandonga lainnya, Bambang.

Pengakuan beberapa pedagang di dua pasar tersebut bahwa harga sembako merangkak naik seiring bertambahnya jumlah pembeli. Terlebih menghadapi Ramadan tahun ini.

Laporan: Ade Putri/Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.