Jendela Informasi Infrastruktur Pemkot Kendari dalam Genggaman

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Kendari melaunching aplikasi Jendela Informasi Infrastruktur Kota Kendari 2019 berbasis elektronik spasial geoportal Kendarikota.go.id, Senin (1/7/2019).

Melalui aplikasi tersebut informasi tentang akurasi pembangunan infrastruktur di Kota Kendari sudah bisa dipantau langsung melalui HP android, karena dilengkapi dengan titik-titik koordinat sehingga jarak tempuh, panjang jalan, bisa dihitung langsung, misalnya sekolah atau bangunan lain, dimana letak dan jarak tempuhnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, sangat mengapresiasi dan mendukung rancangan program tersebut, karena itu merupakan bagian dari implementasi visi kota Kendari berbasis informasi dan teknologi. Apalagi selama ini apa yang sudah dibangun oleh pemerintah baru terinventaris diinternal pemerintah belum terbuka dan diakses untuk masyarakat.

“Jadi melalui aplikasi ini masyarakat bisa melihat langsung termasuk mengecek apa-apa yang sedang dan akan diwujudkan di Kota Kendari, itu yang kita mau. Selama ini masyarakat terbatas informasinya, sehingga kadang-kadang tidak sadar apa yang mereka komplain sudah dalam tahap perencanaan misalnya di jalan Ruruhi Anduonuhu,” ungkap Sulkarnain usai melaunching aplikasi Jendela Informasi Infrastruktur di salah hotel.

Manfaat lain, kata Sulkarnain, aplikasi dapat menarik investor, karena pihak-pihak lain tertarik mau berinvestasi di daerah lain kalau informasi yang lengkap dan mudah diakses.

“Kan sekarang di Kota Kendari sudah tidak ada lagi pelayanan yang manual, apalagi seringkali investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri itu sering mengakses informasi digital seperti ini, jika tidak perlu lagi datang di Kendari, kalau ada minat untuk investasi, tinggal memastikan saja kebenarannya,” ungkapnya.

Untuk saat ini, Dinas PU PR Kota Kendari sudah mengkoneksikan aplikasi tersebut dengan lima organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah Kota Kendari diantaranya Dinas Perhubungan, Pendidikan, Pertanian, Kesehatan dan Kominfo Kota Kendari.

gemilang simpeda bank sultra

Namun, tidak menuntut kemungkinan kedepannya aplikasi ini akan terkoneksi dengan seluruh OPD dilingkup Kota Kendari.

Kepala Dinas PU PR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana, mengatakan untuk pengoptimalan fungsi portal ini, masih terkendala kesiapan SDM yang harus ditingkatkan untuk bisa menggunakan piranti lunak dengan sistem-sistem aplikasi yang ada didalamnya.

“Jadi kita sudah pernah bimtek soal ini, setelah kita evaluasi kedepannya memang perlu ada lagi bimtek tambahan,” ucap Erlis.

Masyarakat yang mau mendapatkan informasi tersebut bisa mengakses melalui aplikasi Android. Namun, kata Erlis, aplikasi utama jendela informasi infrastruktur ini portal geoportal Kendarikota.go.id saat ini sedang error ada gangguan di pusat, namun sudah ada link alternatif yang disiapkan.

Kedepannya, lanjut wanita berhijab itu, portal itu akan semakin ditingkatkan dan dilengkapi misalnya, beberapa ruas jalan yang sedang dan akan diperbaiki bisa langsung ditampilkan di portal tersebut.

“Memang sistem informasi infrastruktur berbasis spasial ini kedepannya perlu perbaikan, tetapi untuk saat ini data-data yang sudah kita masukan sudah 9 ribu data dengan titik-titik koordinat,” pungkas Erlis.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.