Jika PSBB Terjadi di Butur, Polres sudah Bekali Tactical Floor Game

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Polres Buton Utara menggelar Tactical Floor Game sistem pengamanan kota (Sispamkota) kontijensi sebagai upaya penanganan wabah Covid-19 di gedung DPRD Butur, Selasa (14/4/2020). TFG ini turut melibatkan tim Gugus Tugas Covid-19 Butur dan pihak terkait.

Di beberapa daerah di Indonesia merumuskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tidak menutup kemungkinan, jika keadaan memburuk akibat Covid-19, PSBB juga diberlakukan di Provinsi Sulawesi Tenggara, bahkan Kabupaten Butur.

(Baca: Pembatasan Jarak Fisik Belum Efektif, Pemda Dipersilakan Ajukan PSBB)

Kapolres Butur, AKBP Wasis Santoso, mengatakan mengantisipasi apabila diberlakukan PSBB, pihaknya mengadakan pelatihan TFG yang melibatkan TNI, jajaran kepolisian, dan Dinas Kesehatan Butur.

“Kami mengadakan latihan TFG untuk mengantisipasi dampak konflik sosial di masyarakat, kami latihan bersama dengan gugus tugas, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, kepala OPD berkaitan,” ujarnya.

Id Bulog

Kegiatan itu juga menggerakkan Satgas Aman Nusa II, yaitu mereka yang khusus menangani bencana non-alam dan bencana alam. Untuk bencana non-alam yang mereka tangani adalah mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Butur.

“Kami sudah jalan di pos-pos polisi, seperti di labuan penyebrangan kapal feri dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Kami juga di Pelabuhan Waode Buri ada pos di situ,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Butur dr Muhammad Kasrul mengatakan meski wilayah setempat masih terbilang aman dari Covid-19, namun pihaknya tetap mewaspadi dan memperketat jalur perbatasan wilayah.

“Total orang dalam pemantauan (ODP) di Butur berjumlah 69 orang dan selesai dipantau 63 orang. Saat ini sisa enam orang,” ucap dr. Kasrul.

Di satu sisi, Ketua DPRD Butur, Diwan mengajak semua pihak untuk terus bekerja memutus penyebaran Covid-19. “Kita bekerja walaupun corona di Buton Utara belum terjadi,” ujarnya.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.