JKPI Akses Promosi Pariwisata Bersejarah Khas Muna

  • Bagikan
Bupati Muna, LM. Rusman Emba (kiri) beserta anggota JKPI yang menghadiri Rakernas JKPI ke-VI di Kabupaten Ganyar, Provinsi Bali. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Kabupaten Muna resmi ditetapkan sebagai anggota forum Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) JKPI ke-VI.

JKPI merupakan wadah koordinasi dan perkumpulan kota-kota yang memiliki kerajaan masa lampau. Sedang dipilihnya Kabupaten Muna, karena memiliki rekam jejak kerajaan dan beragam benda pusaka peninggalan masa lampau.

“Bupati Muna (LM. Rusman Emba) diundang di bali (15-19 April 2017) untuk mempresentasikan tentang potensi budaya kita yang ada di Muna, forum itu juga Muna ditetapkan sebagai anggota JKPI,” terang Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Muna, Amiruddin Ako kepada SultraKini.Com, Sabtu (22/04/2017).

Daerah ibukota Raha ini dinilai sebagai kabupaten tertua di Sulawesi Tenggara. Sejumlah peninggalan bersejarah pun masih dilestarikan hingga kini, misalnya Gua Liang Kobori dan Masjid Muna dengan simbol-simbol kerajaannya. Untuk itu setiap event JKPI daerah ini akan selalu berpartisipasi didalamnya.

“Dalam setiap event forum JKPI, kita pasti di undangan untuk dapat mempromosikan wisata budaya kita dan itu salah satu manfaatnya,” ucap Amiruddin.

Dikesempatan yang sama dibidang pariwisata, Kabupaten Muna juga sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota anggota grup promosi Garuda. “Jadi mulai tahun depan sebagai acara tahunan khususnya tentang wisata, Muna dapat memamerkan peninggalan-peninggalan di Kabupaten Muna,” ujarnya.

Laporan: Arto Rasyid

  • Bagikan