Pilkada koltim

Jokowi Tiba di Pangkalan TNI AU Haluoleo, Berikut Fakta Dua Objek Peresmian Presiden

SULTRAKINI.COM: Presiden RI, Joko Widodo diagendakan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (22/10/2020). Kabarnya, dua agenda besar akan diikuti Jokowi selama di “Bumi Anoa”, tepatnya Kabupaten Bombana dan Kota Kendari.

Presiden Jokowi kabarnya tiba di Kota Kendari bersama rombongan terbatas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Pesawat mendarat di Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan pada pukul 10.38 Wita.

Tiba di pangkalan, presiden langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Bombana menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Kunker di Bombana

Di Bombana, Jokowi akan meninjau lokasi panen tebu sekaligus meresmikan pabrik gula yang merupakan salah satu pabrik gula dengan jumah produksi terbesar di Indonesia.

Kabarnya, pabrik gula itu milik PT Prima Alam Gemilang di Kabupaten Bombana. Pabrik ini adalah pabrik kedua yang pernah berdiri di Sultra, namun pertama terbesar di Indonesia dan di Asi Tenggara.

Kehadiran pabrik gula tersebut ditargetkan mampu mengontrol dan menstabilkan harga gula secara regional.

Kunker di Kota Kendari

Jembatan Teluk Kendari.

Rilis diterima dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden juga menerangkan, usai ke Kabupaten Bombana, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kota Kendari dengan agenda peresmian Jembatan Teluk Kendari.

Pilkada

Jembatan ini dibangun untuk menunjang sistem jaringan jalan di wilayah Kendari, serta mendukung proses percepatan pengembangan wilayah Kendari.

Jembatan Teluk Kendari dibangun pada 2015-2020. Panjangnya 1,34 kilometer dan lebarnya 20 meter dengan empat jalur serta median dan trotoar.

Proyek multi years ini menghabiskan anggaran Rp 800 miliar yang bersumber dari APBN.

Teknologi yang digunakan pada pembangunan jembatan, yaitu cable stayed dengan kabelnya diimpor dari Austria.

Jembatan yang ditargetkan beroperasi seminggu setelah diresmikan itu telah menggubungkan Poasia dengan Bungkutoko sehingga ditargetkan bisa meningkatkan kawasan industri, Kendari New Port, dan permukiman baru.

(Baca: Presiden Diagendakan Hadir, Wali Kota Kendari Cek Kesiapan Jembatan Teluk)

Presiden Jokowi tiba di Pangkalan TNI AU Haluoleo, Konawe Selatan, Kamis (22/10/2020). (Foto: Ist)

Usai dua kunker itu, Presiden Jokowi bersama rombongan kembali menuju Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan untuk bertolak menuju Jakarta.

Turut serta dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Tenggara, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Kunker presiden Jokowi juga tetap menerapkan protokol kesehatan. (B)

Laporan Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.