Iklan Clarion

Juara Lomba Menulis Esai, Gunawan Buktikan Prestasi Tercipta dari Terus Mencoba

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Setelah menjalani dua tahap seleksi dan bersaing dengan sekitar 30 peserta se-Sulawesi, Gunawan akhirnya meraih juara II pada perlombaan karya tulis esai ilmiah di Palu, Sulawesi Tengah. Mahasiswa asal Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara ini, tak menyangka kemampuannya mampu menghasilkan prestasi di ajang itu.

“Karena yang bisa ikut presentasi waktu itu hanya yang berada di urutan 1, 2, dan 3. Setelah melakukan presentasi yang kedua kali untuk tiga orang termaksud saya, Alhamdulilah bisa jadi juara II,” kata Gunawan kepada SultraKini.Com, Kamis (25/1/2018).

Ditambahkannya, peserta awalnya diperuntukkan hanya wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Namun, kegiatan yang diadakan oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Palu ini kemudian mendapat peminat dari luar daerah. Sehingga ikutlah dia dan peserta lainnya dari Bekasi.

Perjuangan dirinya rupanya tak mudah. Anak nelayan dan penjual sembako ini, sempat mengalami kesulitan dalam membiayani keikutsertaannya di kompetisi itu. Semangatnya kembali berkobar, setelah mendapat bantuan dari sang kakak untuk membuktikan dirinya itu.

“Waktu itu saya sempat kesulitan karena biaya untuk ikut lomba tidak ada. Untunglah kakak saya membantu saya sampai sekarang,” ucap Gunawan.

Sedikit berpesan untuk rekan-rekannya yang suka menulis, bahwa kemampuan perlu diasah untuk membuatnya terlatih. Mencoba bukan hal yang sia-sia, tapi itulah awal untuk meraih keberhasilan dengan perjuangan yang keras.

“Jangan berhenti untuk mencoba. Tidak ada kata gagal, cuma kita kadang sering putus asa dalam mencapai keberhasilan itu,” ujar Gunawan.

Laporan: Mita

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.