Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sultra Minta Kegiatan Surveilans di Daerah Diintensifkan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Jumlah pasien konfirmasi positif di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus meningkat. Hingga saat ini berdasarkan data Gugus Tugas Covid -19 Sultra per Jumat 15 Mei 2020 pukul 17.00 Wita, jumlah pasien positif tercatat 183 orang.

Tidak hanya itu, persebaran kasus virus corona di Sultra juga terus meningkat. Sedikitnya sudah ada 11 kabupaten/kota yang terdampak, sehingga saat ini penting dilakukan peningkatan kegiatan surveilans secara aktif maupun pasif.

Kegiatan surveilans sangat penting mendeteksi dini, mengetahui yang mengalami gejala, tindak lanjutnya sehingga dapat diketahui yang berisiko tertular, pencegahan penularan, memutus rantai penularan, serta ketepatan dalam upaya penanggulangan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal, meminta kepada Gugus Tugas Covid -19 kabupaten/kota untuk lebih mengintensifkan lagi pemantauan dan surveilans terhadap orang-orang dengan resiko yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Lakukan sekurang-kurangnya skrining dengan rapid tes atau langsung dilalukan pengambilan spesimen swab kepada orang-orang dengan resiko paparan yang tinggi,” ujarnya, Jumat (15/5/2020).

Ia lanjutkan, rapid test ataupun swab dilakukan kepada kontak erat serumah kasus konfirmasi positif atau ada temuan data di daerah lain, dimana resiko paparannya sama, misalnya pelaku perjalanan dengan moda transportasi yang sama atau asal daerah yang sama.

“Hanya dengan menemukan kasus sebanyak-banyaknya kita bisa mengendalikan pemyebaran dari covid-19 ini,” tegasnya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.