Jumlah Penerima PKH di Mubar Bertambah

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Jumlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara bertambah. Kepala Dinas Sosial Mubar, La Ode Takari, mengatakan penambahan itu dipengaruhi oleh pandemi Covid-19.

“Kebanyakan masyarakat terdampak (pandemi) kehilangan pekerjaan dan kegiatan usahanya tutup,” ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Jumlah penerima PKH sebelumnya tercatat 4.600 orang. Lalu bertambah sekitar 1.500 orang. Masyarakat yang tercatat sebagai penerima PKH tersebut sudah diberikan bantuan sesuai dengan ketentuan.

Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melakukan penanggulangan kemiskinan di kabupaten dan kota. Tujuan lainnya PKH adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama dari keluarga yang sangat miskin. Meningkatkan kondisi sosial ekonomi, meningkatkan taraf pendidikan anak-anak, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah usia enam tahun. Serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan khususnya bagi keluarga terdampak pandemi covid.

Tolak ukur kepesertaan PKH di wilayah setempat, yakni masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berpatokan pada data statistik.

“Datanya langsung dari kementerian,” tambahnya.

La Ode Takari mengimbau penerima PKH yang sudah sejahtera untuk segera melapor dan mengundurkan diri agar masyarakat yang belum tersentuh bantuan ikut menerima manfaat program tersebut.

“Kita tidak serta merta langsung menghapus mereka, melainkan harus ada pengunduran diri langsung dari pihak penerima. Kalau sudah mampu, baiknya mengundurkan diri agar masyarakat yang belum tersentuh bisa kebagian,” terangnya. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.