Jurnalis di Kendari Jalani Rapid Test Virus Corona

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Puluhan jurnalis di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengikuti deteksi dini virus corona melalui rapid test di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Sultra, Selasa (7/4/2020).

Sebanyak 50 orang jurnalis online, cetak, radio, hingga televisi diperiksa oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Sultra. Hasilnya, semua dinyatakan negatif.

Plt Kepala Diskominfo Sultra, Syaifullah, mengatakan rapid test kepada jurnalis sangat penting mengingat kerja-kerja jurnalis selalu di lapangan dan sangat rentan terhadap penyebaran dan penularan Covid-19.

“Hal ini sengaja kita lakukan sebagai langkah mengantisipasi dan mendeteksi dini gejala virus kepada masyarakat dan jurnalis khususnya, mengingat jurnalis ini kerjanya selalu di lapangan. Ini juga demi keamanan kita bersama,” ucap Syaifullah.

Senada dengan itu, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Kesehatan Dinas Kesehatan Sultra, Kartina, mengatakan mobilisasi jurnalis di lapangan sangat tinggi, sehingga penting dilakukan identifikasi dini. Apalagi Sultra masuk kategori transmisi lokal dalam penyebaran Covid-19.

“Jadi ketika misalnya dalam pemeriksaan atau rapid test terhadap masyarakat ada yang dinyatakan positif, kita langsung merujuk pada rumah sakit rujukan virus sesuai standar operasional yang ditetapkan,” ucap Kartina.

Dia juga mengimbau jurnalis tetap harus melakukan pola hidup bersih dan sehat, termasuk melakukan langkah-langkah antisipatif yang dianjurkan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

“Pesan saya tetap lakukan perilaku hidup bersih dan sehat karena kita tidak tahu sewaktu-waktu kita bisa terkena, tetap mawas diri,” tambahnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.