Iklan Clarion

Jurnalisme Warga Perkuat Informasi Hingga ke Pelosok

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Alainsi Jurnalis Independen (AJI) Kendari menggelar Jurnalis Trip ke Kampung Adat Hukaea Laea dan Desa Wisata Negeri di Awan Tangkeno yang terletak di Pulau Kabaena 25 hingga 28 Agustus 2016. Dalam kegiatan ini masyarakat di edukasi mengembangkan jurnalisme warga.

Dua komunitas warga tersebut tampak antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan, terutama menyangkut cara pembuatan berita, jurnalisme warga (citizen jurnalis), tantangan informasi era digital serta akses informasi.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

“Peran serta Wartawan sangat membantu dalam perjuangan hak-hak masyarakat ulayat kegiatan seperti ini tentu sangat dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan masyarakat menyangkut informasi,” ujar Ketua Adat Hukaea Laea, Mansur Lababa.

Pernyataan serupa juga disampaikan pendamping desa wisata Negeri di Awan Tangkeno Kabaena, Syahrul, menurutnya kegiatan pengenalan Citizen Jurnalis akan mempermudah masyarakat dalam berperan serta menyampaikan pesan tentang aktivitas dan perkembangan masyarakat melalui tulisan.

“Ini merupakan kegiatan positif, lihat saja antusiasme warga, mereka mendapat pencerahan tentang pentingnya informasi, lewat kegiatan seperti ini, semoga masyarakat bisa mengakses informasi keluar demi kemajuan daerah,” ujarnya.

Di temui usai kegiatan, Sekertaris AJI Kendari, Suwarjono mengungkapkan, kegiatan Jurnalis Trip selain melakukan peliputan lingkungan dan wisata juga bertujuan mengedukasi masyarakat dalam mengembangkan daerahnya melalui pengenalan ilmu jurnalistik.

“Kegiatan Trip ke Masyarakat Adat Hukaea Laea dan Desa Wisata Tangkeno yang dilakukan kita harapkan memberikan manfaat, tidak hanya bagi jurnalis yang tergabung dalam kegiatan, tetapi juga kepada masyarakat, ada hal positif yang kita akan tinggalkan kepada mereka dalam memajukan daerahnya,” tuturnya, Minggu (28/8/2016).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.