SUARA

Kabid Dikmen : Meski Nilai Sama, Siswa Bisa Tidak Lulus

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pengumuman kelulusan tingkat SMA sederajat bakal digelar serentak pertengahan Mei. Lalu, siapa yang menentukan kelulusan tersebut?

 

Kabid Dikmen Diknas Konawe, Ludin menuturkan, kelulusan tiap sekolah ditentukan oleh sekolah itu sendiri. Menurut dia, tiap sekolah punya otoritas sendiri dalam membuat standar. Tidak boleh ada interfensi dari Diknas atau dari pusat.

 

\”Keriteria kelulusan, mulai dari nilai rata-rata dan penilaian lainnya itu sepenuhnya menjadi hak tiap-tiap sekolah,\” ujarnya.

 

Ludin mengatakan, tiap-tiap sekolah pun punya standar kelulusan yang berbeda. Ada sekolah yang mengharuskan nilai rata-rata 6,0 untuk syarat kelulusan. Namun ada juga yang menggunakan 5,5 sebagai syarat kelulusan. Atau ada standar lain dari dua poin tersebut. Besaran nilai tersebut tergantung dari sekolah masing-masing.

 

\”SMAN 01 Unaaha, tidak mungkin sama standar penilaiannya dengan SMAN 01 Routa. Sebab, di SMAN 01 Unaaha, fasilitasnya lebih baik. Demikian juga dengan akeses pendidikannya lainnya. Beda dengan Routa yang merupakan daerah pedalaman,\” jelasnya.

yamaha

 

Atas dasar itulah lanjut Ludin, siswa tidak boleh menuntut jika nanti dia tidak lulus dengan nilai rata-rata 5,5, sedang temannya di sekolah lain lulus dengan nilai yang sama.

 

\”Lagi-lagi, semuanya hak atas kelulusan itu tergantung masing-masing sekolah,\” terangnya.

 

Menurut Ludin ketidak lulusan pada siswa biasanya lebih dikerenakan oleh siswa itu sendiri. Misalnya yang bersangkutan tidak ikut ujian baik itu praktik maupun tertulis. Atau dari nilainya sendiri yang memang tidak mencapai standar.

 

Untuk persentasi kelulusan di Konawe tahun lalu, kata Ludin di atas 98. Tahun ini pihaknya menarget bisa lebih baik dari itu.

 

\”Meski tidak mencapai seratus persen, kelulusan tahun ini kita target lebih baik dari tahun sebelumnya. Semuanya akan dilihat pada pengumuman 15 Mei nanti,\” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.