SUARA

Kabupaten Mubar Mulai Musrenbang Tingkat Kecamatan

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dimulai dari Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat. Kegiatan merupakan yang pertama kali bersamaan dengan Kecamatan Tiworo Tengah. Kegiatan ini juga dibuka secara resmi oleh Bupati Mubar, LM. Rajiun Tumada, Rabu (7/2/2018).

Kepala Bappeda Kabupaten Mubar dalam laporan yang disampaikan Sekretaris Bappeda, Nasir mengatakan Musrenbang ini untuk mendapatkan masukan kegiatan sebagai data prioritas di setiap wilayah, juga sebagai wadah dan saluran resmi dalam merangkum aspirasi masyarakat dan kebutuhan masyarakat.

“Musrenbang dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang di mulai dari musyarawah tingkat desa/kelurahan, lalu dilanjutkan dengan tingkat kecamatan, kemudian ke tingkat kabupaten sebagai bahan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten tahun 2019,” ucap Nasir.

Bupati Mubar, LM. Rajiun Tumada menambahkan musrenbang tingkat Kecamatan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah. Sebagai sebuah proses tahunan. Musrenbang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi, dan perkembangan terkini. 

Di satu sisi, musrenbang merupakan media perencanaan pembangunan bagi semua stakeholder dalam penyusunan RKPD 2019. Sedangkan RKPD 2019, menjadi bahan utama dalam menyusun kebijakan umum anggaran (KUA) dan plafon prioritas anggaran sementara (PPAS) yang nantinya dijabatkan dalam RAPBD 2019.

Penyusunan itu tentunya akan dipadukan dengan visi misi pembangunan daerah, yakni menjadikan masyarakat Mubar sejahtera, demokratis, produktif, dan berdaya saing dengan dilandasi oleh nilai-nilai religius.

yamaha

“Hasil-hasil yang dicapai dalam musrenbang kecamatan sesuai mekanisme yang ada masih akan dibahas dalam musyawarah yang lebih tinggi, yakni forum SKPD dan musrenbang kabupaten,” katanya.

Sementara Camat Tiworo Kepulauan (Tikep), Al Rahman Fiihi mengungkapkan untuk mengawal program yang telah diusulkan pada saat musrenbang tingkat desa yang menjadi skala prioritas adalah infrastruktur jalan.

“Di sektor pembangunan infrastruktur Kecamatan Tikep bisa ada yang lebih dari kecamatan yang lainya,” katanya.

Acara musrenbang ini juga dihadiri Wakil Bupat Mubar Achmad Lamani, Sekda Mubar LM. Husein Tali, para Kepala Dinas se-Kabupaten Mubar, dan kepala desa se-Tikep serta sejumlah masyarakat Tikep.

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.