Kades Wiwirano di Konut Harap BLT-DD Dimanfaatkan Warga Untuk Penuhi Kebutuhan Pokok

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Selain Desa Walandawe, bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) juga diterima sejumlah warga Desa Wiwirano, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Total yang menerima bantuan, yakni 34 keluarga.

Penyerahan BLT-DD di Desa Wiwirano berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sementara para penerima bantuan merupakan warga kurang mampu dan kehilangan mata pencaharian akibat pandemi Covid-19 dengan mengacu pada Perpu Nomor 1 Tahun 2020.

Diterangkan Kepala Desa Wiwirano, Habsin, perpu tersebut menyebutkan penggunaan dana desa diutamakan untuk penyaluran BLT-DD dan kegiatan lainnya dalam hal percepatan penanganan Covid-19.

“Penerima BLT-DD ini adalah warga kurang mampu yang kehilangan pekerjaannya akibat dampak Covid-19 dan belum tersentuh bantuan dari APBD atau APBN. Misalnya, penerima PKH, BPNT, dan lainnya,” jelasnya, Jumat (28/5/2021).

Sebanyak 34 keluarga penerima bantuan, lanjutnya, telah melalui musyawarah desa khusus yang hasil musyawarahnya dilakukan verifikasi oleh tim di tingkat Kecamatan Oheo guna menghindari kesalahan data.

“Penerima Bansos BLT-DD ini adalah warga yang tersaring dalam validasi dan finalisasi di musyawarah desa khusus tentang penetapan keluarga kurang mampu penerima BLT-DD,” tambah Habsin.

Pemerintah Desa Wiwirano juga berharap, bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga, utamanya dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari di tengah pandemi Covid-19. (C)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.