Kakanwil BPN Sultra: Program Sertifikat Tanah Gratis Muna Dapat Jatah Ribuan Bidang

SULTRAKINI.COM: MUNA – Program sertifikat tanah atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021 yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) tanpa dipungut biaya di masyarakat, Kabupaten Muna mendapat kuota sebanyak 4.650 bidang sertifikat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Sulawesi Tenggara, Iljas Tedjo Prijono mengatakan, PTSL untuk seluruh Sultra ada tiga kegiatan, pertama, peta bidang yaitu pengukuran sebanyak 77 ribu, SHT penerbitan hak atas tanah sebanyak 40 ribu bidang, untuk K4 ada bidang-bidang tanah yang belum dipetakan dalam peta pendaftaran sebanyak 20 ribuanan bidang.

“Untuk Kabupaten Muna, ada tiga kegiatan untuk tahun ini, yakni PTSL target 4 ribuan bidang, redistribusi sekitar 4 ribuan, kemuadian sertifikat SHP mandiri. Semua kegiatan itu gratis untuk masyarakat,” kata Iljas Tedjo Prijono saat melakukan kunjungan kerja ke kantor BPN Kabupaten Muna, Kamis (22/4/2021).

Dia menyatakan, kinerja pertanahan wilayah provinsi Sulawesi Tenggara dalam triwulan pertama masih berada pada tingkat lima besar secara nasional, angka itu juga masih fluktuatif diangka dua sampai lima.

“Dan tingkat kinerja BPN Muna berada diperingkat tiga sampai lima dari 17 kabupaten dan kota,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala kantor BPN Kabupaten Muna, Rajamuddin menyampaikan, untuk penerima program reforma agraria di Muna, data yang dikumpulkan melalui pengukuran dan harus disidangkan melalui panitia pertimbangan land reform yang ketuanya dipimpin oleh Bupati Muna LM Rusman Emba, Muna mendapat jatah sebanyak 6.974 bidang sertifikat.

“Dari target tahun ini, sebanyak 4.650 bidang sertifikat untuk redistribusi, wujudnya sudah ada, kita sudah laksanakan sebanyak 964 bidang. Untuk redistribusi berada di Kecamatan Watopute, Bahutara, Baluara, Bone, Moolo dan yang lainya. Untuk PTSL jumlah bidang tanahnya 2.324 sekarang sekitar tujuh ratusan sertifikat sudah selesai untuk anggaran tahun 2021,” tuturnya.

Rajamuddin optimis, untuk target kinerja tahun ini pasti bisa tercapai, sebelumnya Muna tercepat di Sultra dan mendapat piagam penghargaan oleh Wakil Mentri Agraria.

“Mudah-mudahan tahun 2021 bisa menjadi yang tercepat lagi, sama seperti tahun 2020,” ujarnya. (B)

Laporan : LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.