Kakanwil Kemenkumham Sultra Beri Motifasi Warga Binaan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra), Silvester Sili Laba didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Kendari, Abdul Samad Dama, sarapan pagi bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kendari, Senin (11/1/2021).

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kakanwil di Lapas Kendari semenjak bertugas di Sultra. Bertempat di lapangan terbuka Lapas Kendari, Silvester terlihat akrab bercerita dengan warga binaan dan dipenuhi dengan canda tawa. Tak ada sekat diantara mereka, bahkan Silvester ikut sarapan nasi ompreng ditengah-tengah mereka.

“Yang membedakan kita hanyalah antara petugas dengan warga binaan. Tetapi kita dimata Tuhan sama, tidak ada perbedaan diantara saya dengan warga binaan,” ungkapnya, melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (12/1/2021).

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga terlihat akrab dengan warga binaan yang ternyata mereka berasal dari Alor dan Atambua, Nusa Tenggara Timur yang merupakan daerah asal Kakanwil. Kepada mereka, Kakanwil berpesan untuk patuhi semua peraturan yang ada di Lapas Kendari.

“Tetap patuhi aturan disini, jangan buat masalah,” pesannya.

Sementara itu, Kadivpas, H. Muslim mengungkapkan bahwa hal seperti ini merupakan pertama kali terjadi di seluruh Indonesia, dimana seorang Kepala Kantor Wilayah duduk sarapan bersama dengan warga binaan.

“Selama ini saya di pemasyarakatan  belum pernah makan bersama Warga Binaan kalau mencicipi makanan iya,” ucapnya.

Usai sarapan bersama warga binaan, Kakanwil menyempatkan diri memberikan pengarahan kepada seluruh petugas Lapas Kendari untuk terus menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugas.

“Selalu jaga kekompakan, integritas, loyalitas dan melayani dengan hati,” pesan Silvester.

Hal serupa dilanjutkan pula dibeberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan mulai dari Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Kendari, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari, Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Kendari dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.