Kakanwil Sultra Lantik Notaris dan Notaris Pengganti

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Sultra, Sofyan melantik notaris dan notaris pengganti (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sofyan, mengambil sumpah dan melantik dua notaris Dechika Gaby Justicia Tolla dan Notaris Pengganti Wahyu Alvianis Safaa, Rabu (4/3/2020).

Notaris Deschika dilantik berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-00652.AH.02.01 Tahun 2020 tentang Pengangkatan Notaris. Sementara untuk Notaris Pengganti Wahyu diketahui menggantikan Notaris Musnawir berkedudukan di Kota Baubau yang sedang menjalankan cuti selama 146 hari kerja. Hal ini tertuang dalam Keputusan Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota Baubau Nomor: 03/KET.CUTI-MPDN Kota Baubau/II/2020 tentang Cuti Notaris.

Dalam sambutannya, Sofyan, mengungkapkan bahwa pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut merupakan bentuk pemberian legalitas terhadap Notaris sebelum menjalankan tugas sebagai pejabat negara yang menjadi wakil pemerintah dalam menjalankan beberapa kewenangan administrasi negara.

“Peran notaris sangat penting, tidak hanya pada tingkat nasional tapi sampai ke dunia internasioinal sehingga peran notaris ini perlu semakin diperkuat,” ungkapnya.

Dalam menjalankan tugas kenotariatannya, Kakanwil berharap kepada mereka untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing sesuai dengan peraturan yang ada.

“Dalam pelaksanaan tugas notaris sangat mudah sebenarnya, yang penting kita mengetahui dan memahami Undang Undang Jabatan Notaris,” terangnya.

Diakhir sambutannya, Sofyan berharap kepada mereka yang baru dilantik agar mampu menjalankan tugas dengan baik.

“Saya ucapkan selamat kepada notaris dan notaris pengganti yang baru dilantik semoga bisa menjalankan tugas dengan baik dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” tutupnya.

Ikut hadir dalam pelantikan tersebut, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Maktub, beserta jajaran Divisinya. Yang menjadi saksi dalam pelantikan ini adalah Ahmad Syahrir yang merupakan Penyuluh Madya bersama Muhammad Akram, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan