Kakanwil Usul Pembangunan Dua Lapas Baru di Sultra

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Sultra, Sofyan (kanan) (Foto: Ist)
Kakanwil Kemenkumham Sultra, Sofyan (kanan) (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Sofyan, menilai kondisi kantor lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini rata-rata melebihi batas kapasitas maksimum (over kapasitas). Tak tanggung-tanggung, jumlah penghuni Lapas bahkan sampai tiga kali lipat dari jumlah yang seharusnya.

Hal ini mendorongnya untuk mengupayakan agar ada pembangunan Lapas atau Rutan yang baru di Sultra.

Sofyan mengungkapkan, dengan melihat kondisi warga binaan yang didominasi oleh kasus penyalah gunaan narkotika, pihaknya memutuskan untuk mengusul pembangunan Lapas Narkotika di Wilayah Sultra.

“Hal ini dimaksud untuk memisahkan antara warga binaan kasus narkotika dengan kasus-kasus lain sehingga mampu mengurangi kasus penyalah gunaan barang haram ini,” ungkapnya dalam pres rilis yang diterima Sultrakini.Com, Kamis (6/7/2020).

Selain Lapas Narkotika, Lapas Baubau juga diusulkan untuk pembangunan gedung baru. Lapas Baubau yang saat ini digunakan akan dijadikan sebagai Rutan jika usulan Lapas tersebut terealisasi.

Melihat kondisi ini, Kepala Kantor Wilayah, Sofyan, didampingi Kepala Bagian Program dan Humas, Ruslan, sudah menghadap langsung pada Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Bambang Rantam Sariwanto di ruangannya untuk mengusulkan hal tersebut, Rabu (5/8/2020) kemarin.

Sebelum menghadap pada Sekjen, Kakanwil terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sudjonggo.

Sofyan sangat berharap usulan pembangunan kedua Lapas ini dapat tersealisasi sehingga mampu mengurangi over kapasitas Lapas/Rutan yang ada di Sultra.

“Semoga usulan ini dapat disetujui agar Lapas/Rutan tidak over kapasitas lagi,” harapnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan