Kali Mandonga Meluap, Warga Waspada

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Air kali Mandonga meluap akibat hujan dibeberapa hari terakhir yang mengguyur Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (14/5/2017). Meluapnya air juga merendam permukiman warga di sepanjang bantaran sungai yang melintasi Kelurahan Mandonga dan Kelurahan Korumba sejak pagi.

Pantauan SultraKini.Com, warga mulai waspada dengan ketinggian air kali. Secara mandiri mereka mengungsikan sejumlah barang berharga ke rumah tetangga yang aman dari genangan. Tidak sedikit dari warga masih bertahan di rumah masing-masing. Rata-rata meluapnya air kali melebar ke rumah warga sekitar tiga sampai empat meter. Meski terdapat tanggul penahan air dari dalamnya kali sekitar tiga meter itu, tetap saja air masuk ke dalam rumah melewati lubang-lubang kecil di pinggiran kali. Debit air sungai terus meningkat seiring hujan yang tidak kunjung berhenti.

Menurut Ros (34), Seorang Warga di Pinggir Sungai Mandonga, air sungai terus meluap hingga merendam rumahnya yang jaraknya sekitar 50 centimeter dari pinggir sungai. Seperti warga lainnya, ia juga mengemas sejumlah barang berharga dengan menyusun bertingkat-tingkat di dalam rumah. Kata ibu tiga anak ini, hingga kini belum ada tim evakuasi atau aparat yang melihat kondisinya bersama warga lainnya.

“Belum ada yang lihat keadaanya kita. Barusan lagi tinggi air sekitar empat tahun terakhir waktu banjir lalu,” katanya sambil sibuk memindahkan perabotan dari banjir.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.