Iklan Clarion

Kampanye Gemari ala Pemkot Kendari: Lombakan Menu Olahan Ikan

SULTRAKINI. COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari gencar melakukan kampanye pemanfaatan ikan sebagai menu utama kepada masyarakat, melalui program Gemar Makan Ikan (Gemari) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Salah satu upayanya, menggelar lomba masak ikan dengan berbagai menu olahan.

Dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari yang ke-187, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari bersama Tim Penggerak PKK menggelar lomba masak serba ikan di salah satu hotel di Kendari, Senin (30/4/2018).

Lomba melibatkan 11 kecamatan di Kota Kendari, menghadirkan 33 jenis menu Ikan Bandeng dengan tiga macam jenis menu hidangan yang berbahan baku ikan, yakni menu hidangan keluarga, kudapan dan balita.

Ketua Panitia, Agus Salim mengatakan, kegiatan ini untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional melalui bahan baku ikan serta untuk mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, yaitu Gemari.

Selain itu, juga untuk memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas dan inovasi menu masakan ikan, serta mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita ingin melakukan kampanye pemanfaatan ikan yang bukan berasal dari praktek IUU fishing dan penangkapan ramah lingkungan, dan meningkatkan konsumsi ikan produksi lokal atau dalam negeri, juga untuk meningkatkan pemahaman kandungan gizi ikan yang bermanfaat,” ucap Agus Salim.

Olehnya itu, ia berharap dengan adanya lomba ini bisa menjadikan pemanfaatan ikan bisa beranekaragam dan edukasi manfaat makan ikan bagi kecerdasan dan kesehatan pada masyarakat bisa tersampaikan.

“Kami berharap tumbuh dan berkembangnya budaya konsumsi ikan bisa kembali di meja ibu-ibu, dan bisa tumbuh dan berkembang usaha-usaha mikro kecil dengan berbahan dasar ikan,” ucapnya.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Sri Lestari, mengatakan, output dari lomba ini akan dilakukan eksplorasi ke depannya, dengan dilakukan pembinaan khusus guna lebih meningkatkan kreatifitas dalam pengolahan ikan.

“Kita akan lakukan pembinaan khusus sehingga ini bisa kita jadikan sebagai salah satu usaha, dan juara pada lomba ini akan kita utus untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi nanti,” ucap Sri Lestari usai perlombaan.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.