Iklan Clarion

Kampus B USN Kolaka Bakal Dibangun di Bombana Tahun Depan

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Kampus B Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka akan dibangun di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Hal ini telah didukung Pemda Bombana untuk mempercepat realisasinya yang ditargetkan mulai dibangun pada 2019.

Sebagai bentuk komitmen tersebut, Bupati Bombana, Tafdil menyambangi USN Kolaka untuk membicarakannya bersama Azhari selaku rektor. Kedua pihak membahas seputar teknis pembangunan kampus B hingga sarana dan prasarana kampus.

Bupati Bombana mengaku, telah menyiapkan lahan 40 hektare untuk kawasan pembangunan tersebut. Termasuk akan membangun jalanan menuju kampus. Pemda Bombana tinggal menunggu peninjauan dari pihak USN Kolaka di lokasi pembangunan. Bahkan pihaknya siap menambah luas lahan sepuluh hektare jika luas lahan sebelumnya dianggap sempit.

“Jadi Pak Rektor tinggal membangun saja gedungnya, lahan dan dokumen lainnya sudah kami siapkan. Kami juga akan memfasitasi pembangunan jalanannya. Bukan cuma aspal. Kalau Pak Rektor menghendaki, di sepanjang jalan menuju kampus itu akan kami bangun jalan beton,” ujar Tafdil, Rabu (5/12/2018).

Dalam pernyataan Bupati Bombana, Kampus B dilokasikan di Kecamatan Poleang Barat yang merupakan wilayah perbatasan Bombana dengan Kolaka.

Sehubungan dengan itu, Rektor USN Kolaka, Azhari menyambut positif rencana Pemda Bombana. Nantinya, kata dia, konsep kampus B sama seperti perguruan tinggu negeri lainnya yang memiliki kampus induk serta kampus B.

Ditargetkan, proyek tersebut bakal memajukan daerah setempat. Terlebih direncana wilayah pembangunan merupakan kawasan transit dari sejumlah kabupaten di Sultra, misalnya Kabupaten Muna, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Kabupaten Konawe Selatan.

“Insya Allah Pak Bupati, hari Senin (10/12) ini kita akan datang tinjau lokasi yang sudah ada itu. Insya Allah kalau ini sudah dibangun, tidak menutup kemungkinan suatu saat kampus di Bombana itu nanti akan menjadi kampus utama USN,” ucapnya.

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.