Kamu Pekerja Kantoran? Waspadai Gejala Stres ini

  • Bagikan
Stress kerja foto: kbic.com
Stress kerja foto: kbic.com

SULTRAKINI.COM: Stres maupun kecemasan merupakan reaksi umum saat kamu tengah dalam kondisi tertekan, seperti mengejar target dan deadline, khususnya kamu pekerja kantoran. Tahukah kamu, hal itu jadi tidak sehat ketika kamu mengalaminya terus menerus. So, mari kenali dan waspadai tanda yang menenjukan gejala stres tinggi berikut.

1. Tak beranjak dari bangku kerja

Duduk di depan layar hingga melewatkan waktu makan siang, entah karena tengah dihadapkan pada kesibukan ataupun deadline, ini masih wajar. Tapi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, sampai sudah tidak ingat kapan kamu beranjak dari tempat dudukmu itu merupakan pertanda tidak baik. Untuk mengatasinya, set alarm di handphone-mu untuk mengingatkanmu makan siang ataupun melakukan peregangan sejenak.

2. Merasakan nyeri pada bagian anggota tubuh

Hasil penelitian oleh American Institute of Stress, level stres yang sangat tinggi dapat menyebabkan nyeri fisik pada bagian anggota tubuhmu. Beberapa gejalanya antara lain, sakit leher, sakit punggung, sakit pinggang, hingga sakit kepala yang terjadi secara konstan. Cobalah membuat jurnal dan tuliskan pengalamanmu setiap harinya di dalam sana untuk men-tracking tingkat stres dan penyebabnya sehingga kamu dapat menemukan solusi yang tepat.

3. Kehilangan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan

Tak hanya lupa beranjak dari bangku kerja dan memedulikan kesehatan, karyawan yang mengalami tekanan di kantor juga sering kehilangan fokus saat bekerja. Dengan terus memaksakan diri bekerja saat pikiran sedang tidak baik dan tak fokus, malah membuat hasil pekerjaanmu berantakan. Luangkanlah waktu beristirahat sebentar agar pikiranmu lebih fresh.

4. Sering terkena flu

Saat daya tahan tubuh melemah, tubuh jadi rentan terserang sakit. Flu adalah sakit yang sering dialami saat kondisi tertekan. Flu memang merupakan penyakit ringan, tapi jika terjadi dalam jangka waktu panjang bisa menandakan kalau level stresmu sudah tinggi. Lagi-lagi kunci dari permasalahan ini adalah istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih.

5. Mengalami insomnia

Bayak pikiran ditambah tubuh yang tak sehat bisa membuatmu mengalami gangguan tidur, meski tubuhmu sudah menunjukan rasa lelah. Sebisa mungkin jangan ketergantungan dengan obat tidur. Pilihlah cara yang alami seperti meminum susu hangat yang akan membuat tubuhmu lebih rileks dan mematikan perangkat pintarmu saat beristirahat.

Sumber: rimma.co

Laporan: Saswita

  • Bagikan