SUARA

Kantin Kejujuran Kejari Kolaka, Tersedia ‘Kopi Dinding’

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) untuk wilayah Kolaka, Sulawesi Tenggara, resmi mempunyai kantin kejujuran. Kantin di halaman belakang kantor Kejaksaan Negeri Kolaka itu diresmikan oleh kepala Kantor Kejaksaan Negeri Kolaka, Jefferdian, Selasa 27 Februari 2018.

Dalam sambutannya, Jefferdian mengatakan bahwa kantin kejujuran adalah program nasional dan selama ini diterapkan di sekolah-sekolah, termasuk di Kolaka. “Kami atau teman-teman jaksa yang ada di Kejari Kolaka mencoba menerapkan hal ini di dalam kantor sendiri. Banyak hal yang bisa kita capai dengan menempatkan kantin kejujuran ditempat atau kantor kita bekerja. Misalnya, bagaimana menggali rasa tanggung jawab individu untuk jujur. Saya rasa itulah tujuan utamanya,” katanya, Selasa (27/2/2018).

Dia juga menambahkan, selain menyediakan menu makanan dalam kantin kejujuran itu, ada juga disiapkan kopi dinding. “Kantin kejujuran dan kopi dinding dua hal yang tidak terpisahkan. Kalau kantin kejujuran mengajarkan bagaimana kita berlaku adil dan jujur mulai dari diri sendiri. Nah kalau kopi dinding ini lebih kepada rasa berbagi dengan sesama. Misalnya minum kopi satu gelas. Kita bayar dua gelas, kelebihan bayarnya nanti ditulis diatas kupon dan ditempel di dinding. Kalau ada orang yang tidak mampu mau minum kopi, tinggal ambil kupon yang tadi sebagai alat tukar di kasir,” tambahnya.

yamaha

Tujuan dari peresmian kantin kejujuran ini untuk melatih dan membina rasa kejujuran dalam menaati aturan yang ada. Dan memberikan peluang kepada enterprenuer muda untuk mau memulai berbisnis. “Mari membuka peluang bisnis agar masyarakat di wilayah kegiatan kami, terutama di daerah Kolaka agar dapat mengurangi angka pengangguran,” terangnya.

Dia turut menjelaskan terkait tiga pilar yang diemban oleh Kejaksaan Negeri Kolaka, yaitu keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum. “Kita harapkan mendukung akselerasi pembangunan daerah, perbanyak upaya preventif, perbanyak upaya-upaya pendampingan,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadir pula Pejabat sementara Bupati Kolaka, Kapolres, Dandim serta jajaran SKPD Pemda Kolaka. Nampak pula dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kolaka dan sejumlah organisasi otomotif lainnya.

 

Laporan: Zulfikar/Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.