Iklan Clarion

Kantor Bahasa Sultra Buka Pemilihan Duta Bahasa 2019

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Giat meningkatkan literasi mengenalkan bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah, serta menguasai bahasa asing di kalangan milenial terus digaungkan Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra). Salah satunya, kembali menyelenggarakan Pemilihan Duta Bahasa.

Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa, Nurmiyanti, menjelaskan pendaftaran pemilihan duta bahasa mulai 15 Maret hingga 5 April 2019. Peserta diharuskan melampirkan esai kebahasaan dan kesastraan. Seleksi berkas diumumkan pada 6 April. Peserta yang lulus diwajibkan mengikuti tahap wawancara. Di tahap ini, nantinya dipilih 15 putra dan 15 putri berusia 18-25 tahun untuk memasuki karantina dan pembekalan pemahaman bahasa dan sastra.

Pemilihan Duta Bahasa diagendakan pada 12-16 April mendatang di salah satu hotel di Kota Kendari. Proses ini melibatkan tiga orang juri langsung dari Kantor Bahasa.

“Saat karantina (peserta) akan dibekali materi-materi, yaitu bahasa Indonesia, budaya, UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), pentas bakat, dan malam puncak,” jelas Nurmiyanti kepada Sultrakini.com, Selasa (26/3/2019).

Dia berharap, lewat pemilihan tersebut terpilih duta yang memiliki ide-ide kreatif dan membawa kemajuan di bidang bahasa dan sastra di Sultra.

Ketua IKA Duta Bahasa Sultra, Komar, menambahkan jumlah pendaftar belum diketahui pastinya. Sembari itu, sosialisasi terus dilakukan di sejumlah perguruan tinggi, misalnya Universitas Halu Oleo, Institut Agama Islam Kendari, Unidayan, dan USN.

“Belum diketahui jumlah peserta yang sudah mendaftar karena saat ini masih tahap sosialisasi sehingga nantinya jumlah pendaftar dapat dilihat pada H-5 sampai H-1 kegiatan,” ujarnya. (Adv)

Laporan: Maykhel Rizky&Intan Juwita
Editor: Sarini Ido

  1. Beti Ayda berkata

    Assallamuallaikum.
    Untuk persyaratannya apa saja data yang harus di penuhi kemudian dimana tempat pengumpulan datanya
    Terimakasih

    1. Sarini Ido berkata

      terima kasih komentarnya. Terkait persyaratan yang dimaksud langsung masuk saja ke media sosial duta bahasa. makasih..

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.