Kantor Bahasa Sultra: Kami Tidak Mencari Juara, Kami Cari yang Loyal

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 30 finalis Duta Bahasa Sulawesi Tenggara mengikuti karantina di Aula LPMP. Para finalis diharapkan memiliki loyalitas tinggi untuk mengemban misi Kantor Bahasa Sultra dalam pengembangan, perlindungan, dan pembinaan bahasa di Sultra.

Kepala Kantor bahasa Sultra, Sandra Safitri Hanan, mengatakan pihaknya membuka ajang Pemilihan Duta Bahasa Sultra 2020 bukan semata-mata mencari pemenang, tetapi mencari pemuda-pemudi yang berdedikasi tinggi pada setiap program Kantor Bahasa Sultra.

“Kami tidak mencari siapa yang juara, yang juara hanya untuk mewakili Sultra di ajang duta bahasa nasional. Kami mencari generasi muda yang loyal, mau bekerja sama dengan kita semua untuk mengembangkan, melindungi, dan membina bahasa di Sultra,” jelas Sandra Safitri Hanan, Selasa (10/3/2020).

Finalis duta bahasa Sultra 2020 nantinya akan dilibatkan dalam setiap program kerja Kantor Bahasa Sultra dan berhadapan langsung dengan masyarakat. Jadi, sangat dibutuhkan tekad dan tanggung jawabnya.

Karantina finalis duta bahasa Sultra 2020. (Foto: Nely/SULTRAKINI.COM)

Duta Bahasa Sultra memiliki peranan penting dalam pembinaan dan pengembangan bahasa di Sultra. Pasalnya, duta bahasa Sultra merupakan generasi milenial yang dinilai mampu mempromosikan program literasi ke masyarakat, utamanya dalam lingkaran usia mereka.

“Pembinaan dan pengembangan bahasa pada generasi muda ini sangat berperan karena mereka (Duta Bahasa Sultra) yang tahu karakter generasi muda, jadi jiwanya bisa masuk ke generasi muda di bandingkan kami yang rata-rata sudah berumur,” lanjut Sandra.

Seorang duta bahasa harus mengetahui bagaimana menggunakan bahasa sesuai porsinya sebagaimana motto kantor bahasa mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

Tren Pemilihan duta bahasa Sultra dari tahun ke tahun semakin diminati. Prestasi duta bahasa Sultra di nasional pun mulai berkilau. Tahun lalu, duta bahasa Sultra berhasil menyabet harapan III di duta bahasa nasional 2019. Kantor bahasa Sultra terus berupaya meningkatkan prestasinya.

Sandra juga mengharapakan kepada duta bahasa Sultra terpilih tahun ini memiliki program kerja yang lebih kreatif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. (adv)

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.