SUARA

Kantor Wali Kota Kendari yang Baru Akan Jadi Mall Pelayanan Publik

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Rencana Pemerintah Kota Kendari untuk membangun gedung kantor baru di Lokasi kantor Wali Kota saat ini yakni di jalan Jenderal Ahmad Yani Kelurahan Mandonga Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal terwujud di tahun ini.

Rencananya, anggaran pembangunan gedung tersebut sebesar Rp 150 miliar. Untuk pembangunan tahap pertama anggaran yang akan dikucurkan sebesar Rp 60 miliar melalui anggaran APBD Kota Kendari.

Gedung dengan arsitektur sembilan lantai tersebut, lantai dasar akan dijadikan sebagai mall pusat pelayanan publik diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari (Disdukcapil), Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Darah (BP2RD) Kendari.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menjelaskan mall pelayanan ini berfungsi untuk melayani masyarakat Kota Kendari yang ingin mengurus administrasi kependudukan, izin usaha maupun izin mendirikan bangunan serta pajak tidak perluh lagi bolak balik. Cukup di satu titik saja, karena di dalam mall pelayanan itu nantinya sudah ada Dinas Pendapatan (Dispenda) dan Disdukcapil.

“Jadi masyarakat datang di satu tempat saja bisa terlayani semua kebutuhannya, nanti desainnya seperti itu mall pelayanan,” ungkap Sulkarnain saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/5/2019).

Lanjutnya Sulkarnain, untuk mall pelayanan dikhususkan di lantai satu dan dua.Namun untuk lebih detailnya arsitektur gedung bagian pelayanan tersebut akan rampungkan pekan ini. Gembiranya, rencana pembangunan mall pelayanan tersebut telah di setujui oleh ahli bangunan dari Jakarta karena memang sidangnya di Jakarta.

yamaha

“Alhamdulillah dedikasinya kita diterima mall pelayanan,” ucapnya.

Pengerjaannya Kantor Wali Kota tersebut akan dimulai tahun ini untuk bangunan sebilan lantai, lima lantai podiumnya dan sembilan lantai towernya.

Kemungkinan, kata Sulkarnain, akan rampung betul-betul 100 persen pada 2021, namun digunakan untuk mall pelayanan pada 2020 .

“Pembangunan kan bisa bertahan tapi untuk mall pembangunannya kita dahulukan. Insyaallah tahun ini kalau Allah meridhoi bisa berjalan dengan baik,” kata politisi PKS ini.

Sulkarnain mengaku, dalam proses pembangunan nanti Kantor Wali Kota Kendari untuk sementaran waktu akan pindah di kantor lama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Kelurahan Benu-Benua, Kecamatan Kendari Barat.

“Ya akan pindah ke sana, kita juga sudah mengajukan di Provinsi dan di setujui oleh Gubernur Sultra Ali Mazi,” tutupnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.