Pilkada koltim

Kanwil DJPb Sultra Sosialisasi Kebijakan Fiskal

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar seminar kebijakan fiskal di daerah dengan mengangkat tema “Menjaga Kesehatan APBN di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global” pada Selasa (27/8/2019).

Kebijakan fiskal merupaka kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan pemerintah. Kebijakan fiskal bertujuan menstabilkan perekonomian dengan cara mengontrol tingkat bunga dan jumlah uang yang beredar.

Kepala Kanwil DJPb Sultra, Ririn Kadariyah, menyampaikan tujuan seminar yang dilaksanakan tersebut, yakni meningkatkan komunikasi publik melalui sosialisasi kebijakan fiskal dalam menghadapi APBN 2020 mendatang.

“Sesuai penyampai bapak Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 16 Agustus yang lalu, sudah menyampaikan nota keungan kepada DPR isinya pokok-pokok kebijakan fiskal. Harapannya dengan sosialisasi ini maka punyusunan RAPBN di masing-masing daerah bisa sejalan dengan kebijakan fiskal nasional,” ujar Ririn, Selasa (27/8/2019).

Pilkada

Lanjut Ririn, saat ini ekonomi global masih dalam posisi yang tidak stabil terutama dipengaruhi oleh perang dagang Amerika Serikat dan China.

“Itu pengaruhnya sangat kuat ini bisa menjadi peluang dan bisa menjadi tantangan dan hambatan sehingga kebijakan kita harus tepat, sehingga kita bisa mengambil peluang dari perang dagang tersebut,” kata Ririn.

Peserta seminar tersebut, pempov, pemda, akademisi, perbankan, Bank Indonesia, OJK, serta masyarakat.

“Kami undang masyarakat agar paham mengenai kebijakan fiskal karena itu juga nanti akan berpengaruh ke pasar,” pungkasnya.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.