SUARA

Kapal Dilarang Berangkat, Ribuan Pemudik Menumpuk

SULTRAKINI.COM : Kolaka- Ribuan pemudik tertahan dipelabuhan fery Kolaka. Hal ini disebabkan tidak diberangkatkannya sejumlah kapal fery jenis roro oleh pihak Syahbandar. Sebab kapal fery yang tidak mendapatkan izin berlayar itu telah melampaui kapasitas yang telah ditentukan. Pihak Syahbandar Kolaka pun enggan mengambil resiko yang lebih tinggi.

Untuk kapal fery yang over kapasitas diharapkan memeindahkan sebagian penumpangnya kekapal lain. “Kalau sudah dipindahkan dan tidak over lagi baru kami kasi izin berlayar, ” Kata Junaedi, kepala Syahbandar Kolaka.

Dia juga menambahkan apa pun yang terjadi pihaknya tidak boleh gegabah dalam memberangkat kapal. “Selagi masih over kapasitas, tidak mungkin kami berangkatkan. Kami juga masih tunggu kapal yang datang dari pelabuhan Bajoe,” tambahnya.

yamaha

Selain memicu penumpukan ribuan penumpang, kebijakan Syahbandar ini juga memicu antrian panjang kendaraan roda dua dan empat. “Luar biasa kepadatan penumpang kali ini pak. Coba lihat, bukan hanya mobil kecil, bus juga masih banyak yang tertahan,” kata Macil, salah satu penumpang.

Penumpang lain yang bernama Aswar menjelaskan bahwa mereka telah berada dipelabuhan fery Kolaka sejak beberapa hari lalu. “Seharusnya pihak ASDP bisa antisipasi masalah ini. kalau dalam waktu dekat tidak ada solusi bisa jadi kami lebaran dipelabuhan ini,” katanya.

Pihak ASDP pun yang coba dikonfirmasi masalah ini belum bisa ditemui.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.