Kapan Anak Diperbolehkan Nonton Bioskop ?

SULTRAKINI.COM: Menonton film di bioskop sejatinya bisa dilakukan oleh semua orang dari segala usia. Namun memang harus diakui kalau ada jenis-jenis film tertentu yang hanya bisa dikonsumsi oleh golongan usia tertentu. Makanya, timbul pertanyaan di benak para orang tua: berapa usia yang tepat untuk membawa anak nonton ke bioskop.

Padahal, sebagai orangtua, tentu sangat menyenangkan buatmu untuk mengajak si kecil nonton bioskop bareng, kan?

Beragam film yang rilis di bioskop dengan G-rated yang berarti film tersebut bisa ditonton oleh semua orang dari segala golongan usia atau cocok sebagai tontonan edukasi anak-anak. Tapi, ada baiknya kamu ketahui dulu berapa umur anak yang tepat agar bisa dibawa nonton ke bioskop.

Menurut riset dari American Academy of Pediatrics, umur anak di bawah 18 bulan sebaiknya tidak diajak mengkonsumsi tontonan berbasis screen media dalam bentuk apapun. Namun, anak berusia 18-24 bulan justru boleh diperkenalkan dengan tontonan berbasis digital media, khususnya yang berisi dengan konten edukasi.

Para peneliti sepakat bahwa anak berusia 2-5 tahun sudah boleh diajak menonton konten media namun dengan durasi terbatas, cukup 1 jam per hari saja. Selain itu, peran orang tua disini adalah juga untuk membimbing dan mendampingi anak saat nonton.

Namun, Common Sense Media mengatakan bahwa rata-rata orang tua mulai mengajak anak mereka menonton bioskop pada umur 3-4 tahun. Saat anak di usia tersebut diajak ke bioskop, reaksi setiap anak bisa berbeda. Karena keadaan yang gelap dan suara yang keras serta cenderung mengagetkan di dalam bioskop, sebagian anak mungkin saja akan merasa tidak nyaman di dalam bioskop. Makanya, sebelum memutuskan untuk membawa anak masuk ke dalam bioskop, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah supaya anak tidak rewel dan merasa tidak nyaman.

Pilih Film yang Cocok Untuk Anak

Harus diakui, beberapa orang tua masih bingung soal berapa umur anak yang sesuai untuk diajak ke bioskop. Cara termudah adalah tentu saja dengan memperhatikan rating dari setiap film yang ditampilkan. Namun, jika anakmu masih berusia dibawah 5 tahun, akan lebih aman kalau kamu memilihkan film kartun dan film dengan rating Semua Umur (SU).

Lewati Iklan yang Muncul

Sebelum tayangan film dimulai, biasanya terdapat beberapa momen saat iklan diputar. Disini masalahnya. Iklan yang muncul di bioskop belum tentu semuanya ramah anak, beberapa iklan malah terang-terangan mengiklankan barang-barang seperti rokok. Ini tentu tidak baik karena anak balita cenderung masih menyerap segala informasi dan mempercayai apa yang ia lihat.Makanya, sebaiknya kamu mengajak anakmu untuk masuk bioskop sesaat sebelum film mulai.

Buat Perencanaan Terlebih Dahulu

Agar anak tak rewel, kamu dapat mencoba untuk mempersiapkan segalanya terlebih dulu. Misalnya, sebelum mengajak anak masuk ke bioskop, kamu bisa mengajak anak makan terlebih dahulu. Lalu, kamu bisa pelan-pelan menjelaskan kepada anakmu bahwa penting untuk menjaga ketenangan saat menonton film, misalnya tidak berbicara, tidak menyalakan gawai, serta tidak berdiri atau melompat saat film mulai.

Sebelum mengajak anak menonton film di bioskop, kamu wajib tahu sejauh mana kesiapan anak saat masuk bioskop untuk menonton film. Makanya, ada baiknya kamu mengecek detail dari film yang hendak kamu tonton itu. Kamu bisa mulai dengan mengeceknya via aplikasi resmi dari jaringan bioskop favoritmu seperti M-Tix.

Dengan M-Tix, kamu bisa memesan tiket bioskop dengan mudah dan praktis. Untuk cara pemesanan tiketnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pilih menu M-Tix di aplikasi
  2. Login di laman itu dengan no ponsel dan PIN anda yang terdaftar di M-Tix
  3. Pilih tanggal, jam tayang, dan jumlah tiket yang diinginkan
  4. Pilih kursi pada denah yang tersedia, klik Confirm Order
  5. Masukan PIN lalu klik Buy
  6. Konfirmasi transaksi dikirimkan melalui email

Makanya, ada baiknya kalau kamu tidak membiarkan saldo M-Tix kosong. Namun, kalau sudah terlanjur kosong dan kamu ingin melakukan top-up M-Tix, langsung saja gunakan saja gunakan fitur bayar beli di aplikasi digibank by DBS.

Selain untuk melakukan top up M-Tix, fitur bayar beli di aplikasi digibank by DBS juga bisa digunakan untuk top up OVO dan Go-Pay serta e-wallet lain seperti LinkAja, eMoney, dan membeli voucher iTunes.

Kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan PLN, Kartu Kredit dan bahkan bayar BPJS. Malahan, kalau kamu kebetulan suka main game, kamu juga bisa beli voucher games dari Steam, Gemscool, MOGPlay, Garena dll untuk membeli item-item favoritmu.

M-Tix memang sangat memudahkan kegiatan menonton kita. Walaupun sekarang adalah era streaming ala-ala Netflix, menonton langsung di bioskop tetap memberikan pengalaman yang berbeda. Makanya, segera buka aplikasi digibank by DBS, segera lakukan top up M-Tix dan dan beli tiket film kesukaanmu sebelum kehabisan, ya.
(Adv)

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.