Kapolda dan Gubernur Sultra Dukung Mahasiswa Bentuk Satgas Pemuda Antisipasi Corona

  • Bagikan
Rapat koordinasi Gubernur dan Kapolda Sultra beserta Stakeholder lingkup Pemprov saat rapat tim Satgas Pemuda Covid-19 Sultra, di Rujab Gubernur Sultra, Sabtu (21/3/2020). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia terkhusus di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kapolda dan Gubernur mendukung upaya pembentukan Satgas Pemuda Covid-19 di kalangan mahasiswa.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, mengatakan sangat mendukung dengan terbentuknya satgas (Pemuda Covid-19) tersebut karena membawa misi bersama yaitu tentang pencegahaan penyebaran virus Covid-19.

“Mereka anak-anak mahasiswa, ada dari Kedokteran, Farmasi, Teknik, dan beberapa fakultas lainnya, termasuk dari HMI, ingin membantu pemerintah atau negara dalam melawan virus corona atau Covid-19,” terang Ali Mazi usai rapat dengan tim Satgas Pemuda Covid-19 Sultra, di Rujab Gubernur Sultra, Sabtu (21/3/2020).

Dukungan serupa terhadap Satgas Pemuda Covid-19 Sultra juga disampaikan Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam.

Merdisyam mengatakan Satgas Pemuda Covid-19 Sultra ini nantinya akan bertugas membantu pemerintah, terutama dalam mengedukasi masyarakat tentang pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Sementara sistem edukasi yang akan dilakukan berdasarkan cara mereka sendiri dengan berkoordinasi dengan tim gugus tugas bentukan Pemprov Sultra yang saat ini telah berjalan,” kata Merdisyam.

Selain itu, kata Kapolda Sultra, Satgas Pemuda Covid-19 ini sesuai rapat juga akan membuat semacam produk yang dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami sebagai kepolisian sangat mendukung inisiatif positif para mahasiswa untuk membentuk Satgas Pemuda Covid-19,” kata Mardisyam.

Kapolda Sultra menambahkan, Satgas Pemuda Covid-19 Sultra dibentuk atas kesadaran mahasiswa dalam membantu tim gugus tugas melawan Covid-19.

Satgas Pemuda Covid-19 merupakan bagian dari gugus tugas penanganan Covid-19 yang dibentuk oleh Pemprov Sultra.

Katanya, saat ini pihak kepolisian diseluruh kabupaten di Sulawesi Tenggara telah bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk mengantipasi penyebaran virus Covid-19.

“Kami meminta dukungan masyarakat demi Sultra dan Indonesia bebas dari virus Covid-19 ini,” pungkas Mardisyam.

Sementara itu, Ketua Satgas Pemuda Covid-19 Sultra, Andi Baso Amirul Haq, berterima kasih kepada Gubernur Sultra bersama Kapolda Sultra telah menyabut dan mendukung pembentukan Satgas Pemuda Covid-19 ini.

“Satgas Pemuda Covid-19 ini natinya akan masuk pada Gugus Tugas Satgas Penanganan Covid-19 Sulawesi Tenggara,” ucapnya.

Sekertaris Umum Badko HMI Sultra ini menjelaskan, Covid-19 merupakan musuh bersama yang tak terlihat. Untuk itu Satgas Pemuda ini menyerukan pemuda untuk turut andil dalam edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di Sultra secara digital maupun langsung.

“Mudah-mudahan dengan peran pemuda dan mahasiswa melalui edukasi dan sosialisasi bisa mencegah penyebaran virus ini, karena dengan inisiatifnya dan ide-ide kreatifnya kita bisa membantu pencegahan Covid-19,” tutur mahasiswa Fakultas Farmasi UHO Kendari.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan