Kapolda Sultra Bersama Danrem Kunker di Muna, Cek Kesiapan Pilkada

SULTRAKINI.COM: Untuk memastikan kesiapan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan kondusif, lancar, dan damai, Kapolda Sultra Irjen Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, S.H bersama Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A. Siahaan melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Muna, Kamis (03/12/2020) kemarin.

Kunker Kapolda bersama Danrem bertempat di Ruang Rapat Bupati Muna bersama Pj. Bupati Muna Ir. Abdul Malik Ditu M.Si berserta Paslon LM. Rusman Emba dan Paslon LM. Raji’un Tumada beserta wakil mereka masing-masing.

Maksud dari kunjungan ke Muna yakni untuk bertemu dengan petugas PAM dan mengecek kesiapan Pilkada di Muna meliputi, petugas, logistik, linmas, serta monitor situasi terkini karena Kabupaten Muna dalam Indeks Potensi Kerawanan Pemilu (IPKP) sangat rawan tetapi harus tetap berupaya agar Pilkada Muna aman dan damai.

Sebagai Pj. Bupati Muna, Ir. Abdul Malik Ditu M.Si menyampaikan terimakasih atas kegiatan kunker Kapolda dan rombongan dalam pengecekan kesiapan Pilkada 2020 di Kabupaten Muna.

Lebih lanjut Ia menyampaikan situasi saat ini secara umum Muna aman dan kondusif, semua pihak berharap pelaksanaan pilkada sampai selesai berjalan aman.

“Kedua paslon merupakan tokoh Muna terbaik sehingga dapat menjamin keamanan Pilkada 2020. Semua ASN sudah ada pakta integritas dan akan ditindak tegas apabila ada yang melanggar,” tutur Malik Ditu.

Kapolda Sultra mengatakan, hingga saat ini negara sudah menganggarkan biaya yang besar untuk Pilkada 2020 sehingga harus menjamin berjalan aman dan sukses. Selain itu Pilkada 2020 digelar di tengah pandemi Covid-19 sehingga perlu semua dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Covid belum berakhir, masih ada kampanye yang meresahkan bisa menjadi cluster baru, agar tegas menghimbau tidak terjadi kerumunan saat kampanye, hal itu pesan Presiden dan Panglima TNI,” tutur Irjen Yan Sultra.

Serupa yang diungkapkan oleh Danrem 143/HO, adanya kejadian saat proses pelaksanaan Pilkada merupakan dinamika, tetapi saat ini situasi cukup kondusif dengan adanya tambahan personel TNI asal Muna 41 Orang dan 1 SST Batalyon 725 untuk mendukung pam Pilkada di Muna.

Danrem menegaskan seluruh personel TNI akan jaga netralitas, apabila ada akan dicek dan tindak tegas, kepada Bawaslu agar jangan ragu-ragu bersama Polri dengan back up TNI akan mengawal pilkada berjalan aman dan kondusif. “Siapa yang jadi pemimpin daerah terpilih di Muna nantinya itulah kehendak rakyat,” kata Brigjen TNI Jannie A. Siahaan.

Setelah ramah tamah, kegiatan Kapolda Sultra dan Danrem 143/ HO dilanjutkan cek posko pemenangan masing-masing tim pemenangan paslon. Posko paslon No.1 di Jl. Diponego, Kel. Raha III, Kec. Katobu dan Posko No.2 di Jl.dr.Sutomo, Kel.Laende, Kec.Katobu serta melakukan kunjungan ke kantor KPUD Muna di Jl.Pendidikan, Kel.Footuni, Kec.Katobu untuk mengecek kesiapan logistik Pilkada dan petugas Pam KPU. (B)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.