Pilkada koltim

Kapolres Baubau: Operasi Tim Yustisi Berhasil Tekan Laju Penyebaran Covid-19

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengatakan Polres Baubau telah melakukan lebih dari tiga ribu kegiatan penerapan disiplin protokol kesehatan di ruang publik dalam operasi yustisi.

Zainal mengungkap bahwa dari hasil evaluasi yang dilakukan diketahui selama operasi yustisi laju penyebaran Covid-19 mengalami penurunan yang signifikan.

“Operasi yustisi ini dilakukan ditempat umum, di ruang umum terbuka, ditempat wisata. Kita hadir untuk menerapkan protokol kesehatan dengan maksud dan tujuan untuk mendisiplinkan masarakat,” kata Zainal, Kamis (5/11/2020).

Meski sebagian masyarakat pada awalnya merasa operasi yustisi ini terkesan dipaksakan yaitu dengan dilakukan penegakan hukum berupa sanksi sosial yang diberikan. Namun hal ini dapat menjadi kebiasaan untuk masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Pilkada

“Mungkin awalnya ini seperti dipaksakan terapi lama-lama menjadi life style dan kebiasaan. Ini juga adalah peran masyarakat dalam rangka menekan penyebaran Covid-19,” terangnya.

Zainal juga menyebut bahwa operasi yustisi yang dilaksanakan Polda Sultra mencapai 37 ribu kegiatan dan perlu diketahui, sampai saat ini 37 ribu kegiatan dengan melibatkan 21 ribu anggota Polri, 4 ribu an anggota TNI, dan Satpol PP sekitar 13 ribu anggota.

“Sebanyak 59.717 orang yang menjadi sasaran yaitu orang-orang yang mendapatkan sanksi fisik maupun sanksi administrasi,” terang Zainal.

Zainal juga berharap masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak berkerumun sehingga dapat bersama-sama Polres untuk memberi dukungan kepada pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

1 Komen
  1. Mila Darmayanti 026 berkata

    Sebagai masyarakat kita harus patuh dengan segala peraturan, terlebih lagi saat kondisi seperti sekarang ini. Salut juga kepada Kepolisian yang tidak henti2nya selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak guna menekan laju penyebaran covid 19

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.