Karya Anak Kendari, Belanja Makanan dengan Aplikasi Foodme

  • Bagikan
Banner Aplikasi Foodme. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Umumnya berbelanja dengan mendatangi tempat barang yang akan dibeli. Namun, kelaziman tersebut mulai bergeser di era teknologi yang terus berkembang. Dimulai dengan pembeli yang cukup memesan ke penjual melalui telepon selulernya lalu barang diantarkan. Kemudian yang terbaru dengan memilih dan memesan dengan rujukan gambar serta harga barang lalu pembeli menunggu kiriman pesanan.

Konsep demikian pula yang dikembangkan Abdul Thalib beserta teman-temannya dalam membuat aplikasi Foodme di Techno’s Studio Kendari.

Aplikasi berbasis web dan mobile (android) ini merupakan aplikasi yang berfungsi memasarkan berbagai makanan siap saji dengan layanan pesan antar. 

“Aplikasi ini kita kembangkan dengan tujuan memudahkan pemilik gerai makanan di Kendari dalam memasarkan dagangan mereka,” jelas Thalib kepada SultraKini.Com di kantor Techno’s Studio Kendari, Senin (14/8/2017).  

Selain penjual, aplikasi ini juga tentu memudahkan pembeli. Dengan prinsip “All Food In Your Pocket”, Foodme membuat pembeli dapat memilih berbagai jenis makanan di sejumlah gerai yang ada di dalamnya. 

“Jadi tanpa harus keluar rumah untuk mendapatkan makanan yang diinginkan. Tinggal membuka aplikasi Foodme dan memesan makanan yang diinginkan. Lalu kurir kami akan mengantarkan ke tempat si pemesan,” jelas Thalib. 

Thalib mengaku, sampai pertengahan Agustus 2017 sudah ada 70 gerai makanan yang tertarik untuk bergabung. Walaupun saat presentase awal, hanya dihadiri 24 gerai makanan saja. 

“Mereka responnya bagus waktu kita presentase yang lalu. Sebab salah satu kendala mereka memang di pemasaran. Makanya kami optimis aplikasi ini bisa membantu,” yakin Thalib. 

Alumni teknik informatika ini mengaku, kalau keuntungan yang didapatkan dari aplikasi ini nantinya adalah pengelolaan kurir yang bertugas mengantarkan pesanan. 

“Ini (kurir) di bawah manajemen kami, dengan servis ke pembeli mengantarkan makanan yang mereka pesan seefesien mungkin. Kalau makanannya masih panas, maka sampai ke pemesan juga dalam keadaan panas,” terangnya. 

Thalib mengaku, layanan ini untuk sementara masih hanya untuk kawasan Kota Kendari dikarenakan melayani makanan siap saji yang punya jangka waktu. “Tapi tidak menutup kemungkinan ke depan bisa kami kembangkan dengan model lain,” ujarnya. 

Meski Thalib tak merinci jadwalnya, tetapi dalam waktu dekat aplikasi ini akan diluncurkan secara resmi. Meski begitu aplikasi Foodme ini sudah dapat diakses di play store.

Laporan: Didul Interisti

  • Bagikan