Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Kasihan, Bayi Ini Menderita Gizi Buruk dan Belum Tersentuh Pemerintah

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Kondisi Adelia, bayi yang lahir di Desa Barowila, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe ini sangat memprihatinkan. Tubuhnya kurus kering lantaran tak mendapat asupan gizi yang memadai atau gizi buruk.

Kabar tentang Adelia pertama kali didapatkan Sultrakini.com dari akun komunitas SeUmmah (Sedekah Ummah), Sabtu malam (28/72018). Postingannya tampak baru diunggah beberapa jam yang lalu.

Dalam postingannya itu, SeUmmah menggunggah, beberapa foto dan juga video tentang Adelia. Unggahan itu juga dibubuhi dengan keterangan tentang Adelia.

Di akunnya, SeUmmah menulis komunitasnya baru saja menungjungi Adelia di Desa Barowila. Dalam keterangannya dijelaskan bahwa Adelia baru berusia 5 bulan. Namun pertumbuhannya tidak senormal bayi seusianya.

Adelia hanya memiliki berat badan 2 kg. Padahal bayi seusia dia, seharusnya memiliki berat ideal 5,5 sampai 6,5 kg.

Dijelaskan pula tentang kondisi keluarga Adelia yang memiliki keterbatasan ekonomi. Hal itu menyebabkan, orang tua Adelia enggan membawa anaknya ke pelayanan kesehatan untuk diperiksa.

“Kami takut membawanya ke rumah sakit. Nanti biayannya mahal, karena Adelia belum punya KIS (Kartu Indonesia Sehat). Jadi kami membawanya ke dukun saja,” tulis SeUmmah menirukan perkataan orang tua Adelia dalam postingannya.

SeUmmah juga memberitahukan bahwa Adelia saat ini membutuhkan susu, popok dan pakaian. Ia berharap, jika ada dermawan yang ingin membantu bisa lngsung ke rumah orang tua Adelia.

Lebih lanjut Sultrakini.com mencoba mewawancarai akun SeUmmah via Messenger. Ia menerangkan, ayah Adelia bernama Tamrin. Ibunya bernama Juharni.

Tamrin sendiri bekerja sebagai petani biasa, dengan penghasilan pas-pasan. Sementara istrinya hanyalah seorang ibu rumah tangga.

Selain itu, pasangan ini telah dikaruniai 4 orang anak. Adelia merupakan anak bungsu.

Menurut SeUmmah, Adelia awalnya sempat akan dibawa ke Posyandu oleh ibunya. Namun keinginan itu enggan dilakukan lantaran kondsi badan Adelia yang katanya terlalu kurus.

“Jadi, Adelia belum pernah ikut Posyandu sampai saat ini,” pungkasnya.

Laporan: Mas Jaya
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.