Kasus Positif Covid-19 di Baubau Bertambah 20, Didominasi Tenaga Kesehatan

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Juru Bicara Gugus Tugas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Lukman, mengumumkan  ada tambahan 20 kasus positif covid-19 di Baubau pada Kamis (2/7/2020). Sehingga tolal kasus Virus Corona menjadi 49 kasus

Lukman mengatakan dari hampir 100 sampel yang telah dikirimkan untuk test swab didominasi tenaga kesehatan dan penesuran tim gugus covid-19 berdasarkan kontak dengan pasien terkonfirmasi.

“Seminggu lalu kita di Sultra kekurangan region PCR jadi sampel menumpuk, alhamdulillah hari ini kita sudah dapat hasilnya. 20 kasus tersebut terdiri dari 12 orang berjenis kelamin laki-laki dan 8 lainnya perempuan,” terang Lukman (2/7/2020).

Lukman mengaku dari 20 kasus baru yang diterima, terdapat satu sampel yang tidak terdaftar, yakni pasien 34 inisial BRS dengan jenis kelamin laki-laki.

“Untuk pasien 34 ini kita masih konfirmasi kembali karena dari daftar yang kita kirimkan nama ini tidak tercantum di Kota Baubau,” ungkap Lukman.

Id Bulog

Dikatakan Lukman, terdapat 3 klaster besar dari jumlah kasus baru tersebut, diantaranya klaster tenaga kesehatan, klaster family/keluarga atau yang memiliki hubungan kekerabatan dengan nakes dan sporadis yaitu tidak jelas sumber infeksinya.

Data sebaran covid-19 Kota Baubau per 2 Juli 2020 yaitu 109 orang OTG, 17 ODP, dan 4 orang PDP.  Sementara jumlah pasien yang dalam perawatan sebanyak 40 orang.

Lukman meminta masyarakat dapat berperan aktif untuk terus melaksanakan protokol kesehatan mengingat tingginya angka kenaikan jumlah positif di Kota Baubau. Ia berharap agar pasien yang dirawat di RSUD dapat bersabar menunggu hasil swab yang telah dikirimkan untuk mengetahui apakah pasien sudah dinyatakan sembuh atau masih positif.

“Mudah-mudahan dalam satu dua hari sudah ada follow up kesembuhan dari sampel yang kita kirimkan,” tutup Lukman. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Habiruddin Daeng

1 Komen
  1. sukiyaki berkata

    asik main game dapat hadiah bonus,
    dan bisa jadi jutawan juga…
    hanya di bola165
    rasakan sensasinya guuuys……

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.