SUARA

Kawasan IKM dan UKM Bakal Dibangun di Desa Koholimombono

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara sedang menggagas pembangunan kawasan atau gedung sentra Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Koholimombono, Kecamatan Wabula di 2018. Lahan pembangunannya pun telah dipersiapkan sekitar satu hektar sebagai penyanggah wisata.

“Jadi bangunannya itu nanti sampai 100X100 meter yang akan dibangun di atas lahan sekitar satu hektar, tahun ini kita akan direalisasikan,” kata Pelaksana Tugas Bupati Buton, La Bakry, Selasa (27/3/2018).

Meski dirinya belum mau membeberkan berapa dana yang dibutuhkan terkait rencana tersebut. Namun pastinya, bersumber dari APBN.

Menurutnya, gedung akan difungsikan untuk menampung ikan dari semua daerah yang akan dijadikan bahan baku industri perikanan. Selanjutnya, berbagai olahan ikan seperti nugget, abon, bakso, dan lainnya akan dijual sebagai oleh-oleh ciri khas Kabupaten Buton.

“Nanti para wisatawan yang berkunjung ke Wabula bisa singgah untuk membeli oleh-oleh di tempat itu,” jelasnya.

yamaha

Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton, Sadisu mengatakan rencana pembangunan kawasan IKM dan UKM sementara dalam proses pengkajian. Sebab, lokasinya berdekatan dengan masyarakat nelayan, pasar rakyat, dan penampungan ikan.

“Tetapi walaupun begitu, pembangunan gedung penyangga wisata itu juga merupakan salah satu wujud nyata dalam merealisasikan visi dan misi Umar-Bakry dalam menjadikan Buton sebagai kawasan industri,” kata Sadisu, Rabu (28/3/2018).

Dia mengaku, bangunan itu nanti membawa dampak positif bagi kelangsungan perekonomian masyarakat.

“Disamping membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, juga membuka peluang lowongan kerja bagi masyarakat,” tandasnya.

 

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.