SUARA

Keasyikan di Taman Baca Tamkot Kendari, Siswa Seperti Sapi Lepas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Program Perpustakaan Kota Kendari menyediakan Taman Baca di kompleks Ruang Terbuka Hijau (RTH), disambut antusias sebagai ruang baca yang berbasis lingkungan. Terutama para murid SD yang merasa nyaman dengan hal ini.

Taman baca ini berada di sebelah timur kompleks Taman Kota (Tamkot) Kendari. Tempatnya bernuansa hijau, dan merupakan satu-satunya ruang baca terbuka yang tersedia di kawasan RTH.

Selama kembali beroperasi sebulan ini, setelah musim liburan lalu, pihak Badan Perpustakaan Kota Kendari mengundang tiga sekolah dasar setiap harinya. Selasa (30/8/2016), giliran SDN 2 Kendari Barat, SDN 3 Kendari Barat dan SDN 4 Kendari Barat memanfaatkan fasilitas publik tersebut.

“Kita buka Senin hingga Jumat, sampai jam siang,” kata staf Pelayanan Perpustakaan Kota Kendari, Rosdia, yang tengah bertugas pada Selasa (30/8/2016).

Antusias para murid pun terlihat, silih berganti mereka memilih variasi buku yang disediakan. Bahkan mereka membaca sampai memenuhi komplek RTH di sekitar ruang bacaan tersebut.

yamaha

Kepala SDN 2 Kendari Barat, Herlina Ismail yang menemani anak didiknya jauh-jauh dari ujung Kota Kendari mengungkapkan, 15 murid utusan sekolahnya itu seperti Sapi lepas. Maksudnya, ruang bacaan yang luas baru dirasakan oleh para murdinya. Sebab ruang bacaan di sekolah kurang memadai untuk menampung murid yang hobi membaca.

“Mereka seperti Sapi lepas. Soalnya mereka baru rasakan membaca di ruang terbuka yang luas,” ujarnya sambil berkeliling Tamkot.

Kesenangan serupa dirasakan murid SD lainnya. Salah satunya murid kelas VI SDN 2 Kendari Barat, Yuliani Nona Yesri, yang mengaku baru pertama kali membaca buku di Taman Baca.

“Senang. Baru pertama ke sini juga,” ucapnya.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.