Kebersamaan TNI dan Rakyat Kian Terjalin di TMMD Busel

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Bukan sekedar slogan belaka ‘TNI Bersama Rakyat’ tapi faktanya diprogram Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1413/Buton yang Ke – 106 yang diselenggarakan di Kecamtan Batauga Buton Selatan kebersamaan antara TNI dan masyarakat setempat kian terjalin laik sebuah keluarga pada umumnya.

Kenyataan tersebut nampak, sebanyak 30 rumah dari 115 rumah keluarga yang berdomisili di Kelurahan Masiri mengizinkan rumahnya untuk ditempati oleh masing-masing lima personil anggota TNI yang mengikuti TMDD sejak 2 Oktober sampai 31 Oktober 2019 mendatang di Buton Selatan.

Irwan (31) salah satu dari 30 pemilik rumah yang ditinggali oleh personil TNI mengaku dengan kedatangan tentara dirumahnya merasa keluarganya semakin bertambah dengan hadirnya mereka.

“iya, yang tadinya dalam keluarga hanya satu atau dua orang, sekarang dengan kehadiran bapak-bapak tentara dirumah kekeluargaan kami bertambah,” cerita Irwan, Sabtu (5/10/2019).

150 personil tentara mulai mendiami rumah warga setempat sudah datang sejak tanggal 1 Oktober 2019, sehari sebelum upacara pembukaan TMMD Kodim 1413/Buton pada 2 Oktober 2019.

“Alhamdulillah, ternyata pandangan-pandangan kalau bapak-bapak tentara itu biasanya sangar, menakutkan sekarang itu terpatahkan, bapak-bapak tentara luar biasa, kami sering bercerita dengan mereka baik ditempat kerja maupun di rumah,” kata Irwan.

Ibu Wa Aluma (33) warga di Lingkungan Kolowu Batauga juga mengatakan hal serupa, merasa bersyukur dengan kehadiran anggota TNI di wilayahnya terlebih lagi mempersamai dirumah sebagai anak tinggal, karena kehadiran pasukan loreng itu sangat memberikan kontribusi nyata dimasyarakat baik dari segi pembangunan di desa termasuk keamanan di lingkungan masyarakat.

“dulu tong (kami) kalau ada acara, itu harus kelapangan kaya suasana lagi lebaran, tapi sekarang sudah ada balai pertemuan (Masjid) yang dibangun ini jadi tidak jauh-jauh lagi, insya allah nanti kalau kita mau acara maulid (hari kelahiran nabi) bulan 11 tidak kelapangan lagi sudah bisa disini (menunjuk pembangunan masjid samping rumahnya),” tutur Wa Aluma.

Koordinator TMMD Kodim 1413/BUTON, Anwar mengatakan, lancarnya komunikasi antara pihaknya dengan masyarakat sangat penting dalam menyukseskan pembangunan.

“Masyarakat sangat welcome dan membantu, komunikasi kami juga lancar dilapangan, misalnya untuk membicarakan persiapan bahan dan strategi pengerjaan agar lebih cepat diselesaikan,” ucap Anwar.

Pada TMMD Ke – 106 kali ini, Kodim 1413/Buton memiliki beberapa program kemasyarakatan mulai dari program fisik maupun program non fisik. Pada program fisik misalnya ada pembangunan masjid, pengerasan jalan setapak dan pembangunan balai desa. Begitu juga program non fisik ada banyak program-program sosialisasi kemasyarakatan, mulai dari sosialisasi bahaya ISIS, radikalisme dan penyuluhan bahaya media sosial (Hoax), penyalahgunaan narkoba, penyuluhan pertanian, kesehatan, maupun wawasan kebangsaan. (Adv)

Laporan: Aisyah Welina

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.