Kekhasan Buton Tampil di ‘Halo Sultra’ Ke-53

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Zainuddin Napa. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton bakal menampilkan kain tenunan khas daerah berstandar internasional pada perayaan Hari Ulang Tahun Sulawesi Tenggara (Sultra) atau ‘Halo Sultra’ ke-53 di Kota Kendari, 27 April 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Zainuddin Napa mengatakan, kain tenunan yang dimaksud seperti sarung tenun buatan masyarakat setempat. Ada juga penampilan grup musik Kesenian Rambi Ganda Takawa dengan nyanyian lagu khas daerah.

“Jadi nanti pada acara pembukaan, kita diundang tampilkan lagu-lagu khas Buton,” katanya melalui sambungan telepon, Senin (10/04/2017).

Begitu pula pada karnaval budaya bagian rangkaian di Halo Sultra. Kabupaten Buton akan tampil dengan pakaian khas daerah yang dipakai sekitar 50 orang utusan mereka dari jajaran SKPD, camat, lurah dan para kepala desa.

“Yang akan ikut karnaval budaya sekitar 50 orang dan rata-rata dari SKPD lingkup Pemda Buton,” terang Zainuddin.

Termasuk lomba kuliner dan pameran produksi unggulan. Pihaknya hadir dengan beragam kain tenun dan kerajinan khas Buton. “Kalau untuk kulinernya itu saya belum tahu apa menunya, tapi yang pasti kuliner khas daerah Buton,” jelasnya.

Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan