Kelompok Bersenjata Tolak Komunikasi dengan Polisi

  • Bagikan
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: kompas.com)

SULTRAKINI.COM: Polisi telah mencoba memberikan alat komunikasi berupa radio kepada kelompok kriminal bersenjata yang menyandera dua wilayah di Mimika, Papua yakni desa Kimbely dan Desa Banti, namun kelompok tersebut menutup pintu komunikasi dengan pihak kepolisian.

“Kita sudah berupaya berikan alat komunikasi kepada mereka tapi tak disambut,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto kepada wartawan di Jln Adityawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).

Polda Papua telah memberikan maklumat kepada kelompok ini untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan makanan.

“Dan menyerah untuk mereka melakukan menyerahkan senjatanya,” tambah Setyo.

Saat ini Polri masih mengedepankan jalan damai untuk menyelesaikan penyanderaan ini. Menurut Setyo pihaknya tidak ingin menimbulkan korban masyarakat sipil.

Dirinya mengungkapkan bahwa kelompok ini memiliki motif ekonomi.

“Tapi nuansa-nuansa lain perlu kita dalami, perlu kita selidiki lagi mungkin kita harus berdasarkan fakta,” jelas Setyo.

Setidaknya ada 1.300 orang dari dua desa, yakni Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, dilarang keluar dari kampung itu oleh kelompok bersenjata.

(Baca juga: OPM Bantah Menyandera Warga Mimika Papua)

(Baca juga: Soal Penyanderaan di Papua, TB Hasanuddin: Jangan Patah Arang Negosiasi)

(Baca juga: Ribuan Warga di Papua di Sandera Kelompok Bersenjata)

Sumber: tribunnews.com

  • Bagikan