Iklan Clarion

Kembangkan Perikanan di Buton, PT Perinus dan Pemda Buton Bakal Teken MoU

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Pusat melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perikanan Nusantara (Perinus) bakal menjalin kerja sama dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Buton, Sulawesi Tenggara. Tujuannya adalah untuk mengembangkan bisnis perikanan di wilayah tersebut.

Seperti yang dikatakan, Direktur Bidang Keuangan PT Perinus, Ridwan Zachrie mengatakan menurut kajian yang diperolehnya selama ini, Kabupaten Buton memiliki potensi perikanan yang cukup bagus sehingga pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat dalam mengembangkan perikanan di daerah tersebut.

“Di sini kami ingin jalin kemitraan dengan pemerintah Buton, untuk itu kami silaturahmi ke Pak Bupati karena potensi perikanan di Buton luar biasa menurut kajian, dan dari sini kita ingin lihat langsung di lapangan,” kata Ridwan kepada sejumlah awak media usai bertemu dengan Plt Bupati Buton, La Bakry di Kompleks Perkantoran Takawa, Pasarwajo, Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, selain perikanan, pihaknya juga akan mengembangkan budidaya laut di wilayah tersebut. Tetapi sebelum itu, selama dua hari kedepan akan dilakukan penjajakan terlebih dahulu.

“Jadi nanti kita (PT Perinus) dengan nelayan jadi oftiker, jadi hasil tangkapannya kita serap karena kami dari BUMN ada penugasan dari pemerintah sebagai operator slin (Sistim Logistik Ikan Nasional),” ujarnya.

Lanjutnya, semua jenis ikan akan dikembangkan khususnya ikan industri, seperti ikan Cakalang, Tenggiri, dan Tongkol. “Selain itu juga, karena kami juga ada ekspor ke Jepang seperti Gurita, Cumi-Cumi, dan Tuna juga akan kita serap,” katanya.

Mengenai perencanaan berapa ton per bulan yang akan diproduksi. Ridwan belum bisa memastikan karena akan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Namun menurutnya, serapan yang akan dilakukan, selain untuk lokal, juga untuk keperluan ekspor.

“Kalau mengenai rencana membangun pabrik, ini kita masih lihat fasilitas apa yang perlu kita lengkapi disini (Buton), tapi yang pasti, rencana pengembangan ikan di Buton ini, kami rencanakan tahun ini juga,” terangnya.

Sementara itu, pelaksana tugas Bupati Buton, La Bakry menyambut baik kedatangan dan rencana PT Perinus yang ingin bekerjasama dengan pemerintah setempat, khususnya para nelayan dalam mengembangkan perikanan, sehingga juga bisa menyerap tenaga kerja di wilayah tersebut dan dapat membangun kepastian usaha bagi para nelayan.

“Pada prinsipnya Pemda sudah lama pengen punya mitra, sehingga bisa menyerap tenaga kerja, bisa tingkatkan pendapatan masyarakat, dan membangun kepastian berusaha bagi para nelayan,” kata La Bakry di salah satu tempat di Pasarwajo.

La Bakry mengakui bahwa, nelayan di Buton terkenal dengan keuletannya serta sangat produktif. Hanya saja tidak bisa sepenuhnya di suport pemerintah setempat seperti armada yang memadai dan aramada tangkap yang memiliki daya jangakau. “Yang ditunjang dengan logistik, es, bahan bakar dan PT Perinus bisa berperan disana,” jelas La Bakry.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.