Kembangkan Produksi Rempah-rempah, Mentan sudah Punya Target di Sultra

  • Bagikan
Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman usai menggelar rapat tertutup di Kantor Gubernur Sultra. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kementerian Pertanian RI akan mendorong pengembangan produksi rempah-rempah di Provinsi Sulawesi Tenggara. Fokus Sultra akan dikembangkan cabai, kelapa dan pala.

Target ini telah diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman selama berada di Sultra. Misalnya target produksi pala di Kabupaten Konawe Kepulauan pada 2 Agustus 2017.

Amran menunjuk Wilayah Konkep sebagai sektor produksi pala dan kelapa. Hal itu dibuktikan dengan pemberian secara gratis, 3 ribu hektar tanah beserta bibit dan pupuk serta sarana penunjang lainnya.

“Di Wawonii (Konkep) itu ada pala liar tumbuh liar di sana, padahal itu punya harga jual mahal, itukan kasian kalau tidak dimanfaatkan. Kami minta agar diberikan anggaran, selain pala Wawonii itu juga dikenal dengan pulau kelapa, jadi kami berikan bantuan 3.000 hektar gratis pupuk dan bibit untuk itu,” jelas Amran, Kamis (3/8/2017).

(Baca: Mentan Akui Kesuburan Tanah Konkep Untuk Peningkatan Sektor Pertanian)

(Baca juga: Mentan Berikan Rp 2 Triliun untuk Bangun Pabrik Gula di Konsel)

Dia menekankan, dalam bubidaya rempah-rempah Sultra disesuaikan agroklimat, agriculture atau pertanian dan budaya bertani masing-masing daerah. Ditargetkan dijangka waktu empat sampai lima tahun kedepan, hasil produksi rempah-rempah sudah bisa dilihat. Asalkan pemerintah maupun masyarakat setempat dapat berkoordinasi lintas sektor dan berkeinginan kuat mengembangkan potensi pertanian daerah.

“Untuk rempah di Sultra, apapun yang akan diminta Pemda berkaitan dengan rempah-rempah akan diupayakan sesuai dengan proposal,” terang Amran.

Kedatangannya itu juga, digelar tertutup bersama Pelaksana Tugas Gubernur Sultra, Saleh Lasata, Pemerintah Daerah Konawe Selatan dan Bombana, serta jajaran TNI di ruang rapat Kantor Subernur Sultra.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan